Konsisten Jaga Kualitas

Viva Cosmetics melakukan berbagai langkah strategis dalam upaya mempertahankan visinya: menjadi perusahaan kosmetik tropis terkemuka yang dipercaya oleh masyarakat global. Selama beberapa dekade, perusahaan ini terus bertransformasi melalui peningkatan kualitas, adopsi teknologi ramah lingkungan, serta penyesuaian produk dan strategi distribusi.

Pertama, peningkatan kualitas. PT Vitapharm berhasil mendapat sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik) untuk Cream, Lipstick, Liquid, dan Viscous Liquid pada tahun 2008, serta Powder dan Compact Powder pada tahun 2009. Hal itu menunjukkan bahwa produk Vitapharm terjamin mutunya karena melewati beberapa tahap quality control, analisis, dan mikrobiologi yang ketat guna mempertahankan kualitas produk.

Baca Juga: Kenangan Brands Hadirkan Varian Menu Roti ‘Kenangan Boulangerie’ ala Prancis: Harga Mulai dari Rp25 Ribu!

Kedua, adopsi teknologi ramah lingkungan. Pabrik PT Vitapharm kini sudah menggunakan mesin-mesin berteknologi canggih yang ramah lingkungan. Perusahaan ini juga memberdayakan warga sekitar untuk turut ambil bagian menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berpengaruh besar dalam proses produksi.

Ketiga, penyesuaian produk dan strategi distribusi. Zaman berubah, kebutuhan pelanggan juga berubah sehingga perusahaan kosmetik juga harus mengikuti perubahan dan perkembangan zaman. Dalam mengupayakan hal ini, Viva Cosmetics terus melakukan revitalisasi.

Untuk menarik anak-anak muda, Viva menciptakan formula baru untuk digunakan pada varian baru dengan mempertahankan sebagian dari formula lama yang masih banyak penggemarnya. Viva juga memperbarui kemasan sehingga menjadi lebih menarik.

Tak hanya itu, Vitapharm pun merevitalisasi jalur distribusi dan penjualan dengan memasuki saluran online: memanfaatkan media sosial atau website. Melihat makin maraknya pengaruh dunia digital dan makin berkembangnya beauty blogger dan MUA sebagai influencer, Viva rajin membangun engagement customer melalui kegiatan meet & greet. Selain itu, Viva juga meningkatkan kerja sama dengan berbagai lembaga dan institusi, antara lain dengan mengadakan kegiatan beauty class dan continuous training dengan topik-topik kekinian.

Sampai saat ini, Viva Cosmetics telah memiliki lebih dari 500 varian produk kosmetik. Setiap tahunnya, perusahaan mengeluarkan 5 sampai 10 produk baru. Pada tahun lalu, sekitar 70% penjualan Viva dikontribusi oleh segmen skincare, sedangkan 30%-nya dikontribusi produk make-up.