Bisnis Berkembang di Tangan Generasi Kedua
Handojo Muljadi saat ini menjadi pemegang saham mayoritas di Tempo Scan Group. Sebagai orang nomor satu di jajaran pimpinan Tempo Scan Pacific, Handojo punya visi tajam. Keputusannya berkali-kali membuat perusahaan farmasi besar ini survive melewati krisis, bahkan sukses menggarap peluang lintas zaman.
Handojo melakukan restrukturisasi perusahaan sejak kembali dari studi di New York University tahun 1989, selanjutnya pada awal tahun 90-an dia menjadikan Tempo Scan sebagai sub-holding dari Tempo Scan Group yang menaungi core businesses tersebut, dan pada tahun 1994, Tempo Scan akhirnya menjadi perusahaan publik dengan mencatatkan saham Tempo Scan di Bursa Efek Indonesia (dulu bernama Bursa Efek Jakarta).
Di bawah komando Handojo juga, Tempo Scan terus menginvestasikan cash flow perusahaan untuk membangun 9 pabrik, 46 cabang, 7 distribution center, 127 sales points di seluruh Nusantara, serta pembangunan fasilitas e-commerce fulfillment centers sejalan dengan berkembangnya e-commerce business dengan sangat pesat.
Di bawah kepemimpinan Handjojo, Tempo Scan juga sangat fokus dalam mengembangkan Brand Equity miliknya sehingga bisa menjadi Proxy "Produk Rakyat Indonesia", karena harganya terjangkau oleh masyarakat luas dan merupakan kebutuhan sehari-hari. Hasilnya adalah mayoritas dari Brand Equity Tempo Scan memiliki DNA produk Indonesia dan telah menjadi tuan rumah di negeri.
Selanjutnya, Handojo juga membawa Tempo Scan go internasional ketika perseroan memperlebar sayap bisnisnya ke Thailand di tahun 2007. Bahkan Tempo Scan juga mendirikan Tempo Scan Pacific Philippines pada tahun 2010 dan Tempo Scan Pacific Malaysia di tahun 2012. Hal tersebut sesuai dengan ambisinya untuk mengembangkan usaha Tempo Scan hingga wilayah Pacific.
Namun, pada pertengahan tahun 2020 lalu, Handojo telah menyerahkan jabatan CEO tersebut kepada seorang senior executive perusahaan dengan latar belakang profesional.
Handojo memiliki prinsip bahwa Tempo Scan tidak harus dipimpin oleh putra-putranya karena dia berkeyakinan bahwa pemimpin perusahaan wajib memiliki Commitment, Capability and Creativity, sehingga keyakinan tersebut membuka peluang seluas-luasnya bagi para profesional yang berkompetensi untuk menjadi pemimpin keluarga besar Tempo Scan walaupun bukan anggota keluarganya. Dia berpedoman bahwa position can be given however respect must be earned.
Saat ini, Handojo menjabat sebagai Presiden Komisaris Perseroan berdasarkan hasil keputusan RUPST pada 30 Juni 2020 dan masih secara aktif membantu Direksi Tempo Scan dengan memberikan saran dan masukan terhadap keputusan yang bersifat strategis dan vital bagi kelangsungan perusahaan.
Baca Juga: Mengulik Kisah Sukses Djarum Group Milik Hartono Bersaudara Orang Terkaya di Indonesia
Produk Tempo Scan
Dalam kiprahnya selama 70 tahun, Tempo Scan telah berhasil memproduksi produk-produk farmasi, consumer products, nutrisi dan kosmetika dengan merek-merek yang lahir dan tumbuh berkembang di Indonesia antara lain melalui ekuitas merek di bawah ini yang menduduki peringkat volume market share terdepan di kategorinya masing-masing:
1. Bodrex yang merupakan ahlinya sakit kepala, telah hadir sejak lebih dari 50 tahun yang lalu dan menjadi obat pilihan masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi, dan berhasil menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia;
2. Hemaviton yang merupakan multivitamin dewasa yang telah hadir lebih dari 40 tahun yang lalu, menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia di segmen stamina;
3. MY BABY Minyak Telon Plus merupakan yang pertama memberikan perlindungan anti nyamuk dan kini menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia, diproduksi oleh Tempo Scan dengan memadukan kekayaan alam Indonesia dengan inovasi terdepan;
4. MY BABY Powder merupakan produk perawatan bayi yang dipercaya oleh pada Ibu dan menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia;
5. Marina, produk hand body lotion, menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia dan merupakan produk perawatan tubuh yang telah menjadi sahabat setia wanita Indonesia;
Sementara di lini consumer goods, produk Tempo Scan Group di antaranya Marina, S.O.S, Total Care, Claudia maupun Pure Baby. Tempo Group juga mengeluarkan sejumlah kosmetik seperti Marina, Ultima II, Total Care, S.O.S, dan My Baby. Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta Selatan ini juga menggaet produk kosmetik internasional seperti Estee Lauder, Revlon, CLINIQUE dan M.A.C, Bobbi Brown dan LA MER Creme de La Mer, dan Joe Malone London.
Selain menjangkau seluruh nusantara, produk-produk Tempo Scan telah menjangkau konsumen di Malaysia, Thailand, Filipina dan Afrika. Pencapaian tersebut telah berhasil dibangun oleh Tempo Scan selama 70 tahun lahir, tumbuh, berkembang dan berkarya di Indonesia.
Baca Juga: Kisah Sukses CLEO, Brand Air Mineral Besutan Taipan Hermanto Tanoko