Demi meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pembeli dan penjual menjelang festival belanja 11.11, Lazada akan mengintegrasikan kelima agen AI. Pengintegrasian teknologi AI termutakhir dari Lazada ini menunjukkan komitmen Lazada dalam berinvestasi pada teknologi dan kapabilitas AI khususnya di era agentic commerce.

Pengalaman belanja di eCommerce akan memanfaatkan AI untuk secara otonom menemukan hingga membeli produk untuk pelanggan–membuat setiap interaksi menjadi lebih cepat, lebih cerdas, dan memuaskan. Berikut lima agen AI utama yang kini beroperasi di seluruh platform Lazada:

  1. AI Lazzie (Agen Belanja);
  2. Agen Pengembalian Dana (Refund);
  3. Agen Logistik;
  4. Agen Product Listing;
  5. Agen Pemasaran.

Baca Juga: Lazada & Enfagrow Hadirkan Jaminan Keaslian Susu di LazMall

“Kami sedang beralih dari penggunaan AI sebagai alat pendukung menjadi kopilot yang mampu memahami, menganalisis, dan bertindak secara real time. Dengan mengintegrasikan agen-agen cerdas di seluruh ekosistem, kami tidak hanya menjadikan momentum 11.11 kali ini lebih besar, tetapi juga lebih cerdas dan unggul. Pembeli dapat menikmati kemudahan dan penghematan yang lebih besar, sedangkan penjual mendapatkan wawasan dan efisiensi yang lebih tajam. Ini merupakan langkah penting menuju era baru agentic commerce di Asia Tenggara," ujar Carlos Barrera, Chief Executive Officer Lazada Indonesia, dikutip Sabtu (1/11/2025).

AI Lazzie: Belanja Lebih Cerdas untuk 11.11

Didukung oleh model bahasa besar (large language model) milik Alibaba Group (Qwen), AI Lazzie telah berkembang menjadi asisten belanja berbasis percakapan yang mampu memahami niat pengguna dan merekomendasikan produk secara real time. Pada fase uji coba, AI Lazzie mencatat peningkatan pesanan sebesar 42% dan interaksi AI 50% lebih banyak.

Pada festival belanja 11.11 kali ini, AI Lazzie hadir lebih interaktif untuk membantu memilih produk terbaik dari lebih 2,3 juta produk di berbagai kategori. Selain itu, Lazzie memperkenalkan fitur baru SmartStack, yang membantu pembeli menggabungkan LazRewards dan Voucher Penjual secara otomatis, memastikan mereka mendapatkan penawaran terbaik tanpa repot.

Agen Pengembalian Dana (Refund)

Agen Pengembalian Dana berbasis AI menyederhanakan penanganan sengketa dengan memverifikasi bukti, menegosiasikan hasil, dan mendukung pengambilan keputusan untuk kasus standar di purnajual. Otomatisasi ini meningkatkan kecepatan penyelesaian, akurasi, dan kepuasan pelanggan, serta memastikan hasil yang adil dan berbasis data bagi pembeli maupun penjual. Lebih dari 35% permintaan pengembalian dana kini ditangani secara otomatis dan real time hanya dalam hitungan menit dengan tingkat akurasi lebih dari 99% pada kasus yang ditinjau oleh AI.

Agen Logistik: Kopilot Pengiriman yang Lebih Cerdas

Agen Logistik berbasis AI dari Lazada mengintegrasikan sistem logistik internal untuk secara proaktif memberikan informasi pengiriman pada pelanggan serta solusi instan terhadap berbagai masalah terkait logistik. Agen Logistik ini mampu menyelesaikan pertanyaan logistik hanya dalam waktu 20 detik, jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya yang membutuhkan hingga 45 menit, serta memastikan visibilitas dan transparansi sepanjang proses pengiriman secara real time.

Agen Product Listing: Memberdayakan Penjual dengan AI

Agen Product Listing berbasis AI dari Lazada membantu penjual membuat listing produk dengan kualitas lebih baik dan efisiensi lebih tinggi melalui pembuatan judul, gambar, deskripsi, serta terjemahan yang dilakukan oleh AI. Dalam satu bulan terakhir, agen ini telah mengoptimalkan lebih dari 13 juta daftar produk, menghemat rata-rata 11 jam kerja bagi penjual, serta meningkatkan tampilan halaman (page views) hingga 180% dalam periode 7 hari.

Agen Pemasaran: Iklan Cerdas, Penjualan Lebih Kuat

Sponsored Max, agen Pemasaran baru dari Lazada, menggunakan algoritma AI untuk secara dinamis menyesuaikan penempatan iklan dengan intensi dan perilaku pembeli secara real time. Terintegrasi dengan sistem data dan rekomendasi Lazada, agen ini membantu penjual menjangkau audiens yang tepat dengan konten yang sesuai sehingga meningkatkan potensi penjualan serta mengoptimalkan laba atas investasi (ROI) melalui performa berbasis data.

Inisiatif-inisiatif ini mencerminkan langkah strategis dan kesiapan Lazada untuk membangun jaringan agen AI yang saling terhubung–secara kolektif akan meningkatkan pengalaman dan efisiensi penggunaan di seluruh ekosistem eCommerce. Mulai dari penemuan produk dan pembelian hingga pengiriman serta dukungan purnajual, para agen ini bekerja secara terpadu untuk memosisikan Lazada di garis terdepan era baru perdagangan.

Agentic commerce merupakan babak baru dalam eCommerce. Dengan memanfaatkan AI untuk mengubah kompleksitas menjadi kesederhanaan, kami menjadikan pengalaman belanja dan penjualan lebih mulus, efisien, dan tepercaya dibanding sebelumnya. Dalam belanja festival 11.11 mendatang, bersiaplah untuk pengalaman baru belanja dengan teknologi termutakhir dari Lazada,” pungkas Carlos.