Merintis bisnis di usia muda tentu penuh lika-liku. David memulai Hairum di usia 22 tahun bersama sang kakak, berbekal modal terbatas namun didorong semangat yang besar. Mereka harus menghadapi berbagai tantangan, mulai dari salah kirim barang, ditipu, hingga mengalami burnout. Namun di tengah semua kesulitan, satu hal yang selalu David pegang teguh, bisnis yang baik harus membawa nilai, bukan sekadar jualan.

“Kalau kita hanya cari cuan, gampang nyerahnya. Tapi kalau tahu kenapa kita mulai, kita lebih kuat jalaninnya. Untungnya, usaha tidak menghianati hasil, Hairum kini berhasil berkembang dan digunakan banyak orang mulai dari tahun 2022 sejak Hairum pertama kali bergabung bersama Shopee. Bahkan kini, Hairum menjadi salah satu penjual di kategori Kecantikan dengan penjualan tinggi di Shopee dan sukses meraih total penjualan mencapai puluhan ribu produk,” tambah David.

Kiat Sukses David Rintis Hairum

Berbicara soal merintis usaha di usia muda, David mengakui bahwa perasaannya campur aduk. Menjadi seorang entrepreneur bukanlah hal yang semudah mengucapkannya. Di balik semua pencapaian, ada risiko yang harus dihadapi dan kelelahan yang tak jarang datang menghampiri. 

Namun, di sisi lain, ia tak memungkiri bahwa pengalaman yang didapatkan justru menjadi hal paling berharga dalam hidupnya. Alhasil, David mengungkap bahwa pelajaran terbesar yang didapatkan dari hal tersebut adalah jangan memulai bisnis hanya untuk mencari untung. 

“Jangan jalani bisnis hanya untuk cari cuan. Harus ada value yang kita bisa hadirkan. Ketika kita tahu alasan di balik langkah awal kita, akan lebih mudah untuk bertahan menghadapi proses yang kadang terasa melelahkan,” tegas David.

Baca Juga: Perjalanan Inspiratif UMKM Permanence Your Clothes di Hari Keluarga Bersama Shopee

Bagi David, nilai atau value dalam bisnis adalah fondasi utama yang menentukan arah dan keberlanjutan usaha. Bukan hanya untuk membedakan produk di tengah pasar yang kompetitif, tapi juga untuk membangun koneksi yang kuat dengan pelanggan, tim, hingga para pemangku kepentingan. Saat mendirikan Hairum, nilai yang ingin ia sampaikan jelas: membantu orang menemukan kembali rasa percaya diri mereka.

“Hairum itu soal rasa. Bukan sekadar rambut bersih, tapi perasaan setelahnya, ketika kamu keluar kamar mandi dan ngerasa, ‘gue siap menghadapi hari ini’. Kita nggak jual solusi masalah rambut, namun momen nyaman yang bikin kamu ngerasa lebih percaya diri,” papar David lagi.

David pun menekankan pentingnya menemukan dan mengkomunikasikan nilai tersebut, terutama bagi anak muda yang ingin memulai bisnis. Setelah itu, mulailah dari langkah kecil yang bisa dilakukan sekarang. 

“Buat yang mau mulai bisnis, tidak perlu tunggu sampai merasa benar-benar siap. Jalani aja dulu, tidak perlu langsung besar—yang penting konsisten melangkah dan terus belajar,” imbuhnya.