Dan berikut adalah sederet kiat agar CEO dan pengusaha dapat menghindari kelelahan di tempat kerja:

  • Istirahat merupakan kemewahan bagi para profesional yang sangat sibuk, tetapi kelelahan dapat terjadi bahkan tanpa Anda sadari. Karenanya, sebisa mungkin jadwalkan waktu istirahat dan patuhi waktu tersebut sebagaimana memprioritaskan rapat.
  • Para CEO harus memercayai tim kepemimpinan. Pendelegasian harus dimasukkan ke dalam budaya kerja. Kelelahan akan muncul ketika segala sesuatunya terasa seperti misi tunggal.
  • Tetapkan waktu "tidak bekerja setelahnya", meskipun hanya beberapa jam setiap malam. Tanpa batasan, kelelahan akan cepat muncul.
  • Waktu istirahat mikro yang penuh perhatian bekerja seperti sulap. Luangkan waktu 5-10 menit untuk melakukan peregangan, bernapas, atau berjalan-jalan di antara sesi kerja yang mendalam.
  • Tidur yang cukup penting untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan mengurangi kehancuran emosional. Bekerja lembur tengah malam akan berdampak pada semua orang, bahkan yang paling tangguh sekalipun.
  • Dan terakhir, sisihkan waktu untuk merenung: Apa yang menguras energi? Apa yang memicunya? Apa yang perlu diubah minggu depan?  

Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Hindari Burnout, Ini 4 Kebiasaan Penting yang Harus Dilakukan Para CEO di Tahun 2025