Di sisi technical excellence, Allianz Utama akan tetap menjalankan bisnis secara selektif sesuai dengan prinsip kehati-hatian serta dengan mengacu kepada pedoman dan kebijakan Allianz Grup. Allianz Utama juga menghitung risiko dengan kecukupan premi yang ada, sehingga dapat melakukan kewajiban untuk membayar klaim.

Pada 2023 Allianz Utama membayarkan klaim sebesar Rp171,01 miliar. Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 448%, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditetapkan regulator.

Sepanjang tahun 2023 Allianz Utama melakukan serangkaian inovasi yang meliputi pengembangan produk asuransi perjalanan TravelPro untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan terbaru yang berlaku, dan peluncuran Claim Hub untuk asuransi perjalanan yang berfungsi sebagai layanan yang dapat memberikan proses klaim yang lebih cepat dan efektif untuk nasabah.

Claim Hub membantu para mitra bisnis memonitor dan memandu nasabah dalam hal klaim. Sejak diluncurkan, para mitra bisnis telah merasakan layanan yang lancar dan memudahkan proses klaim, khususnya untuk asuransi perjalanan

“Kami tak henti melakukan peningkatan kualitas pada seluruh aspek, terutama pada area penunjang penjualan dan pelayanan nasabah. Optimalisasi teknologi telah terbukti menjadi cara terbaik untuk menerapkan operasi secara paperless dan menyederhanakan proses operasional untuk kenyamanan nasabah dan mitra bisnis. Selain itu, kami juga terus meningkatkan perlindungan data nasabah sebagai bentuk komitmen kami menjaga kepercayaan nasabah kepada Allianz,” kata Sunadi.

Selain itu, Allianz Utama juga melakukan pengembangan 50 proses robotik baru dan yang dapat membantu efisiensi dan efektivitas berbagai transaksi operasional, serta menambahkan fitur perpanjangan otomatis untuk beberapa produk pada agent portal. Dengan fitur ini, nasabah dan mitra bisnis dapat melakukan perpanjangan otomatis tanpa memerlukan konfirmasi ulang perpanjangan polis setiap tahunnya.

Pengembangan dari sisi digital ini tentunya dapat memudahkan mitra bisnis dalam hal pemasaran dan nasabah dalam pembelian produk asuransi. Berbagai upaya ini dilakukan untuk memenuhi tujuan Allianz untuk mengasuransikan lebih banyak orang Indonesia dengan cara mudah, praktis, dan aman.

Baca Juga: Tawarkan Solusi Warisan Finansial Keluarga, Allianz Life & HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance