Sepanjang tahun 2023 industri asuransi umum mencatatkan kinerja yang positif seiring dengan kegiatan perekonomian yang semakin menggeliat, daya beli masyarakat yang meningkat, serta semakin banyak masyarakat yang melakukan perjalanan bisnis atau wisata, baik ke luar kota atau luar negeri.
Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pendapatan premi asuransi umum sepanjang tahun 2023 mencapai Rp103,8 triliun, atau tumbuh 15,3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp90,1 triliun.
Seiring dengan kinerja industri, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) juga mencatatkan hasil yang positif pada tahun 2023. Salah satunya adalah Gross Written Premium (GWP) yang tercatat sebesar Rp803,52 miliar atau tumbuh sebesar 20,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Pertumbuhan ini didorong oleh tiga lini asuransi andalan, yaitu asuransi properti yang memberikan kontribusi sebesar Rp251,41 miliar, asuransi perjalanan sebesar Rp93,18 miliar, dan asuransi kendaraan bermotor sebesar Rp78,71 miliar. Hasil positif ini juga diikuti dengan peningkatan laba sebesar Rp16,99 miliar, meningkat 274% dari tahun sebelumnya.
“Fokus Allianz Utama pada segmen ritel merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk terus memenuhi kebutuhan proteksi nasabah yang beragam. Berkat komitmen ini dan dengan dukungan seluruh karyawan dan mitra bisnis, Allianz Utama berhasil terus bertumbuh di 2023. Kami akan senantiasa berinovasi dan memberikan solusi serta layanan yang terbaik bagi nasabah. Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia,” kata Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, dalam keterangan resminya, Jumat (24/5/2024).
Lebih lanjut, Allianz Utama terus mengembangkan bisnis ritel di Indonesia dalam upayanya memberikan proteksi yang terjangkau kepada masyarakat, dengan meningkatkan penetrasi melalui kanal-kanal distribusi yang dimiliki.
Dalam hal keagenan, Allianz Utama telah menyediakan AZNet, digital sales tool untuk para agen yang dapat diakses kapan pun, di mana pun mereka berada selama 7x24 jam, sehingga dapat lebih mudah membantu nasabah dalam mendapatkan perlindungan asuransi. Hingga akhir tahun 2023, Allianz Utama memiliki lebih dari 6.000 mitra bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.
Allianz Utama juga memanfaatkan jalur distribusi affinity dengan mitra terpercaya, seperti bekerja sama dengan lebih dari 100 travel agent, sebagai salah satu strategi untuk memberikan perlindungan yang lebih luas dengan premi asuransi yang terjangkau.
Di sisi technical excellence, Allianz Utama akan tetap menjalankan bisnis secara selektif sesuai dengan prinsip kehati-hatian serta dengan mengacu kepada pedoman dan kebijakan Allianz Grup. Allianz Utama juga menghitung risiko dengan kecukupan premi yang ada, sehingga dapat melakukan kewajiban untuk membayar klaim.
Pada 2023 Allianz Utama membayarkan klaim sebesar Rp171,01 miliar. Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 448%, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditetapkan regulator.
Sepanjang tahun 2023 Allianz Utama melakukan serangkaian inovasi yang meliputi pengembangan produk asuransi perjalanan TravelPro untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan terbaru yang berlaku, dan peluncuran Claim Hub untuk asuransi perjalanan yang berfungsi sebagai layanan yang dapat memberikan proses klaim yang lebih cepat dan efektif untuk nasabah.
Claim Hub membantu para mitra bisnis memonitor dan memandu nasabah dalam hal klaim. Sejak diluncurkan, para mitra bisnis telah merasakan layanan yang lancar dan memudahkan proses klaim, khususnya untuk asuransi perjalanan
“Kami tak henti melakukan peningkatan kualitas pada seluruh aspek, terutama pada area penunjang penjualan dan pelayanan nasabah. Optimalisasi teknologi telah terbukti menjadi cara terbaik untuk menerapkan operasi secara paperless dan menyederhanakan proses operasional untuk kenyamanan nasabah dan mitra bisnis. Selain itu, kami juga terus meningkatkan perlindungan data nasabah sebagai bentuk komitmen kami menjaga kepercayaan nasabah kepada Allianz,” kata Sunadi.
Selain itu, Allianz Utama juga melakukan pengembangan 50 proses robotik baru dan yang dapat membantu efisiensi dan efektivitas berbagai transaksi operasional, serta menambahkan fitur perpanjangan otomatis untuk beberapa produk pada agent portal. Dengan fitur ini, nasabah dan mitra bisnis dapat melakukan perpanjangan otomatis tanpa memerlukan konfirmasi ulang perpanjangan polis setiap tahunnya.
Pengembangan dari sisi digital ini tentunya dapat memudahkan mitra bisnis dalam hal pemasaran dan nasabah dalam pembelian produk asuransi. Berbagai upaya ini dilakukan untuk memenuhi tujuan Allianz untuk mengasuransikan lebih banyak orang Indonesia dengan cara mudah, praktis, dan aman.