Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) periode 2009–2014, Ignasius Jonan, mengingatkan pentingnya memberikan layanan dan perlakuan yang humanis kepada pelanggan.

"Dalam bisnis, strategi itu fokusnya pada manusia, bisnis diciptakan untuk manusia. Maka saya ketika di KAI, fokusnya itu humanity," tegas Jonan, dilansir pada Selasa, 30 September 2025.

Baca Juga: Mimpi Besar Dato Sri Tahir: Saya Ingin Hadir di Gaza, Duduk Bersama Anak-Anak di Sana

Jonan menambahkan, hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara memberikan nilai tambah pada produk dan solusi yang ditawarkan serta dengan meningkatkan fokus kepada kepuasan pelanggan.

Kepuasan pelanggan dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan perusahaan. Sebagai contoh, Jonan menyebutkan bahwa pendapatan gerbong restorasi di KAI mengalami peningkatan hingga 40 kali lipat setelah dilakukan pemfokusan ulang terhadap kepuasan pelanggan.