HAUS! menjadi salah satu brand minuman kekinian favoritnya masyarakat. Sangat mudah ditemukan outlet HAUS! di berbagai daerah, khususnya di Jakarta. Variasi minuman yang disajikan dengan harga yang cukup ramah di kantong, nggak heran mengapa HAUS! disukai oleh banyak orang.
Muncul di era tren minuman kekinian yang tengah menggeliat, HAUS! berhasil mencapai kesuksesannya hingga mendulang omzet miliaran rupiah. Berikut ini Olenka rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/10/2024), sejumlah informasi terkait mengenai perjalanan kesuksesan brand HAUS!
Awal Mula Didirikan
Gufron Syarif merupakan sosok dibalik kesuksesan HAUS! di Tanah Air. Founder dan CEO HAUS! ini mulai merintis usahanya sejak Juni 2018. Tidak hanya sendiri, Gufron dibantu empat seperkawanannya dalam mendirikan bisnis F&B-nya tersebut. Di antaranya adalah Daman Wijaya, Fery, Sigit, dan Lutfi.
Sebelum merintis HAUS! Gufron hanyalah seorang karyawan biasa yang bermimpi memiliki usaha kuliner sendiri. Keinginannya semakin kuat, hingga membuat Gufron memutuskan resign dari pekerjaannya dan mulai mendirikan HAUS! bersama empat sekawan lainnya.
Baca Juga: Haus! Rayakan Anniversary ke-6, Rambah Lini Layanan dan Perluas Dampak Sosial
HAUS! didirikan lantaran melihat banyak usaha minuman kekinian yang muncul di masyarakat. Tren minuman kekinian saat itu memang sangat menggeliat, bahkan banyak brand minuman kekinian yang lahir di tahun yang sama. Seperti brand minuman boba, Thai Tea, Cheese Tea, dan masih banyak lagi.
Namun saat itu, belum ada minuman kekinian untuk segmen ekonomi bawah atau middle low. Melihat peluang ini, Gufron bersama keempat temannya mendirikan HAUS! dengan menghadirkan minuman berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.
Varian Minuman dengan Harga Terjangkau
Nama HAUS! sendiri dipilih karena dinilai sederhana dan fokus pada poin utama. Dalam sejumlah sumber disebutkan, Gufron memilih nama HAUS! agar mudah dimengerti dan diingat oleh masyarakat.
HAUS! menyajikan varian minuman New Boba & Tea dengan kisaran mulai dari harga Rp5.000 hingga Rp26.000. Meski menyajikan menu yang ramah di kantong, Gufron dan empat pendiri lainnya terus berinovasi menghadirkan varian menu lainnya.
Dalam laman resminya disebutkan, HAUS! sudah menghadirkan lebih dari 40 varian menu minuman kekinian dan ice cream. Dan sejak 2020 lalu, HAUS! juga menawarkan berbagai varian menu pelengkap, seperti roti dan cemilan pedas melalui sub brand Ganjel Roti, Pedes Cyin, dan Hot Oppa.
Ratusan Cabang dan Omzet Miliaran
Cabang HAUS! yang pertama kali dibuka berada di daerah Kemanggisan, Jakarta Barat. Adapun konsep gerai HAUS! berupa mini cafe yang lebih fokus pada minuman take-away, tetapi juga memiliki beberapa meja dan kursi untuk pelanggan yang ingin bersantap di tempat.
Bermula hanya memiliki satu cabang, HAUS! sukses beroperasi di lebih dari 221 Cabang, yang tersebar di 21 kota. Kedepannya, HAUS! akan terus melakukan ekspansi ke lebih banyak kota yang ada di Indonesia.
Baca Juga: Haus! Gandeng OATSIDE Kolaborasi Hadirkan Menu Baru Oat Coffee Caramel Macchiato
Di samping itu, HAUS! juga berhasil mendulang omzet hingga miliaran rupiah. Dalam sebuah wawancara, Gufron sempat menyampaikan penjualan HAUS! dalam sebulan mencapai 2 juta gelas, dan omzet-nya saat itu temus hingga Rp20 miliar.
Bagi Gufron, pencapaian ini adalah buah dari kerja kerasnya yang penuh liku saat memulai bisnis. Ia harus melewati berbagai tantangan dan naik-turun dalam perjalanan membangun HAUS!
Namun, kegigihannya membuahkan hasil, termasuk dalam menjaga tren penjualan brand ini agar tetap stabil dan terus berkembang hingga saat ini. Keberhasilannya tidak hanya terletak pada produk yang ia tawarkan, tetapi juga kemampuannya beradaptasi dengan dinamika pasar yang terus berubah.
Kolaborasi dan Inovasi
HAUS! terus melakukan inovasi bisnis untuk mengembangkan setiap produknya. Mulai dari mengembangkan variasi menu makanan, aneka minuman, hingga variasi topping, yang tentunya dengan harga terjangkau.
Gufron bersama empat pendiri lainnya juga terus melakukan kolaborasi sebagai cara untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satunya bekerja sama dengan perusahaan ojek online yang membuat penjualannya semakin meningkat.
HAUS! juga melakukan kolaborasi dengan sub-brand Ganjel Roti, Pedes Cyin, dan Hot Oppa, dalam menghadirkan inovasi produk yang menarik. Kolaborasi ini tidak hanya memperluas variasi menu, tetapi juga memberikan pengalaman baru bagi konsumen.
Bahkan, kini semakin sering ditemui outlet HAUS! X Hot Oppa yang menyajikan berbagai pilihan menu dari kedua brand, menciptakan kombinasi menarik antara minuman kekinian dan makanan lezat, yang semakin memperkuat daya tarik HAUS! di pasar.
Baca Juga: Menjajal Hidangan Kaki Lima Khas Korea Selatan di Resto Hot Oppa, Mau Coba?
Huling, HAUS! Keliling
Siapa yang sering banget bertemu Huling di jalan-jalan besar? Huling atau HAUS! Keliling ini merupakan salah satu inovasi perusahaan untuk memperluas pasar. Huling merupakan layanan gerai minuman keliling bermodalkan sepeda listrik (e-bike). Intinya, seperti jemput bola.
Layanan Haus Keliling ini sebagian besar menjual produk favorit dari HAUS! Di antaranya seperti signature series, tea series, dan choco series. Selain itu, dijual juga minuman khusus yakni varian kopi.
Kehadiran Huling ini tentu memudahkan masyarakat untuk membeli varian minuman HAUS! dan tak perlu ke gerai. Kabarnya, kini sudah ada 500 armada Huling yang berlalu-lalang dan menjajakan HAUS! di pinggir jalan lho!