Produsen peralatan rumah tangga asal Jepang, Takara Standard, tengah membidik pasar Indonesia sebagai rencana ekspansinya tahun ini. Setelah Jepang, China, Vietnam, dan Taiwan, Takara Standard mulai melebarkan wilayah distribusi produknya ke Indonesia, India, dan Malaysia.

Hadir dalam Indo Build Tech Expo yang berlangsung selama 7–11 Agustus 2024 di ICE BSD, Takara Standard memamerkan produk built in dapur dan kamar mandi yang berlapis enamel. Dijelaskan General Manager Overseas Business Strategy Office Takara Standard, Toichi Ishiyama, pihaknya akan memasarkan enamel "high-end HORO" di Indonesia.

Baca Juga: Ekspansi Bisnis, Pertamina Marine Solutions Jalin Kerja Sama dengan Dua Perusahaan Malaysia

"Sambil mencari potensi mitra bisnis lokal, Takara Standard akan memamerkan produk enamel high-end HORO yang cocok untuk iklim Indonesia yang panas dan lembab. Indonesia adalah pasar potensial yang terbaru dari Takara Standard karena pertumbuhan ekonomi yang luar biasa, khususnya bagi kalangan high-end yang antusias terhadap real estate, dan kebutuhan akan dapur yang berkualitas. Selain itu, kami juga melihat populasi penduduk Indonesia yang diperkirakan akan terus bertumbuh hingga tahun 2050," terangnya, Rabu (7/8/2024).

Dia menjelaskan, upaya ekspansi ini merupakan bagian dari langkah strategis Takara Standard untuk meningkatkan penjualan luar negeri hingga 10 miliar JPY (yen) pada tahun fiskal 2030. Pada bulan Desember 2023, Takara Standard juga telah berpartisipasi dalam pameran di India.

Mengenal Material HORO Takara Standard

Ishiyama menjelaskan, material enamel yang diproduksi Takara Standard dinamai sebagai HORO yang dibentuk dari penggabungan besi dengan kaca. Merupakan bahasa Jepang dari enamel, HORO merupakan singkatan dari kelebihan produk tersebut, yakni High gloss surfaces, Originality in design, Resistant material, serta One and only technology.

Ada beberapa kelebihan enamel jika diaplikasikan dalam dekorasi dapur seperti antinoda, antipanas, antigores/benturan, serta antirayap. Secara khusus di Indonesia, rempah-rempah dan minyak banyak digunakan dalam memasak, tetapi dengan dapur berlapis enamel, kotoran dapat dihilangkan hanya dengan setetes air, membuat dapur menjadi mudah dibersihkan.

"Selain itu, karena bahan dasar dari produk enamel ini adalah besi, kekhawatiran akan rayap juga dapat dieliminasi. Bahkan, dalam iklim tropis yang panas dan lembap, dapur Takara Standard akan tahan terhadap kelembapan sehingga memberikan daya tahan bertahun-tahun dengan penanganan yang baik," jelas Ishiyama.

Fitur lainnya adalah desain permukaan menggunakan teknologi "HORO Enamel Inkjet Printing" yang diklaim satu-satunya di dunia dan dikembangkan pada tahun 2015. Teknologi ini memungkinkan Takara Standard untuk menawarkan dapur built-in dengan pola serat kayu, pola serat batu, dan desain gaya keramik yang akan memenuhi kebutuhan beragam pelanggan di pasar Indonesia.

Baca Juga: Lanjutkan Ekspansi, Hilton Buka DoubleTree by Hilton Baru di Indonesia

"Saat ini, bisnis luar negeri Takara Standard mencatat penjualan sekitar 1,2 miliar yen dengan fokus utama di Taiwan, Vietnam, dan China. Untuk mencapai visi jangka panjangnya, kami menetapkan target ambisius dengan mencapai penjualan sebesar 10 miliar yen pada tahun fiskal 2030," jelas Ishiyama.

Dia menegaskan, "Target ini akan dicapai dengan memperluas operasi ke lima wilayah, termasuk tambahan pasar baru di India dan Indonesia, di samping negara lainnya. Kami yakin dengan inisiatif ini, Takara Standard dapat mencapai pertumbuhan yang signifikan dan memperkuat posisi sebagai pemimpin industri di pasar internasional."