Muslim Pro menggandeng dua pendakwah populer di kalangan generasi muda muslim Indonesia: Habib Husein Ja'far dan Ummi Pipik Dian Irawati untuk memimpin kajian perdananya di Indonesia. Acara ini akan diselenggarakan di Bandung (15 Februari) dan Jakarta (16 Februari) dengan tujuan menginspirasi pemuda Muslim untuk mengadopsi perilaku atau kebiasaan positif yang dapat mendukung kesejahteraan mental dan spiritual.
Kajian di Bandung akan mengangkat tema "Glow up Qalbu: Kegiatan Jurnaling untuk Muslimah Modern" yang mendorong para wanita muda modern memadukan aktivitas journaling dan refleksi diri dengan nilai-nilai Islami. Kajian ini akan berlangsung di Masjid Trans Studio Bandung yang terletak di Jalan Gatot Subroto.
Baca Juga: Daftar Konglomerat Muslim di Indonesia
Sementara itu, Kajian di Jakarta akan diselenggarakan dengan tema "Glow Up Qalbu: Membangun Kebiasaan Positif Selama Ramadan" yang mengundang generasi muda muslim untuk membangun kebiasaan positif yang mendukung keseimbangan kesehatan mental. Masjid Sunda Kelapa di Jakarta Pusat akan menjadi tempat bagi Habib Ja'far untuk berinteraksi dengan para pemuda setelah salat Zuhur.
Sebuah studi pada tahun 2023 yang diterbitkan oleh International Journal of Islamic Educational Psychology mengungkapkan bahwa salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan menumbuhkan kebiasaan positif melalui media atau platform tertentu. Penelitian tersebut juga menekankan pentingnya memadukan praktik kesehatan mental dengan rutinitas spiritual, seperti beribadah dan refleksi diri, yang dapat membantu generasi muda Indonesia menghadapi tantangan kehidupan modern dengan lebih efektif.
Sejalan dengan temuan ini, Nafees Khundker, Group Managing Director & CEO Bitsmedia, menekankan pentingnya peran platform berbasis keimanan seperti Muslim Pro dalam mendorong kebiasaan positif di kalangan anak muda. "Kami menyadari adanya peningkatan permintaan akan konten yang berfokus pada mindfulness yang selaras dengan nilai-nilai spiritual, memberikan kaum muda muslim sumber kedamaian dan bimbingan. Melalui aktivitas seperti kajian ini, Muslim Pro bertujuan untuk menginspirasi perubahan positif di kalangan generasi muda saat ini," ujar Nafees, dikutip Jumat (24/1/2025).
Dalam survei yang dilakukan oleh Muslim Pro, hampir 50% responden berusia 18 hingga 34 tahun mengindikasikan bahwa topik kesehatan mental menempati urutan kedua sebagai konten yang paling diminati. Survei ini juga mengungkapkan adanya permintaan yang kuat terhadap konten yang memberikan panduan mengenai self-care (perawatan diri) dan mindfulness (kesadaran diri) dari perspektif agama.
"Jakarta dan Bandung dipilih karena komunitas Muslim yang dinamis dan nilai budaya yang signifikan di Indonesia. Kedua kota ini memiliki populasi yang beragam dan aktif yang terbuka terhadap acara dan inisiatif berbasis agama. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Habib dan Ummi yang keduanya memiliki banyak pengikut setia di kalangan audiens mereka," tambah Nafees.
Habib Ja'far dikenal dengan pendekatannya yang kontemporer terhadap ajaran Islam, menjadikan khotbah-khotbahnya sangat relevan bagi generasi muda. Sementara itu, Ummi Pipik dipilih karena pengalaman luasnya dalam dakwah dan kemampuannya untuk terkoneksi secara mendalam dengan audiens perempuan. Kajian di Bandung bersama Ummi Pipik dirancang khusus untuk perempuan, bertujuan untuk menciptakan ruang yang aman dan mendukung untuk diskusi terbuka tentang iman dan pengembangan diri.
"Kajian eksklusif khusus wanita ini menyediakan sebuah platform untuk koneksi yang tulus serta pembelajaran. Merupakan kehormatan bagi saya untuk berkontribusi dalam sesi yang menekankan bagaimana pertumbuhan spiritual dan pribadi dapat berjalan beriringan, menginspirasi peserta untuk membawa esensi Ramadan ke dalam kehidupan sehari-hari mereka," tutup Ummi Pipik Dian Irawati.
Kajian ini terbuka untuk umum dan gratis, tetapi pendaftaran (RSVP) dianjurkan melalui tautan ini https://www.muslimpro.com/glow-up-qalbu-membangun-kebiasaan-positif-selama-ramadan/. Hadiah spesial tersedia untuk 150 pendaftar pertama.