Muslim Pro, aplikasi gaya hidup Muslim, kembali membagikan paket umrah gratis bagi penggunanya, kali ini bersama Kispray Kasturi Suci sebagai mitra resmi. Tahun ini, Muslim Pro memilih dua orang pemenang umrah yang telah membagikan pengalaman spiritual mereka melalui challenge #NgeJurnalYuk di aplikasi Muslim Pro sebagai bagian dari kampanye "40 Days of Deen" selama bulan Ramadan.
Pemenang dipilih berdasarkan tingkat keaktifan dan konsistensi dalam mencatat perjalanan spiritual mereka ketika menggunakan aplikasi Muslim Pro. Kegiatan ini sekaligus menegaskan keselarasan antara pemanfaatan teknologi digital dan pentingnya ibadah harian.
Peluncuran fitur Journal di Ramadan tahun ini menekankan pentingnya muhasabah (refleksi diri) melalui perangkat digital seperti Muslim Pro. "Hal ini merupakan cara Muslim Pro untuk mengapresiasi komunitas Muslim Indonesia sekaligus menegaskan bahwa Muslim Pro bukan sekadar aplikasi untuk membaca Al-Qur’an dan jadwal salat, tetapi juga sistem pendukung ibadah yang menyeluruh," ujar Nafees Khundker, Group Managing Director dan CEO, Muslim Pro, dikutip Jumat (9/5/2025).
Dari tahun ke tahun, Muslim Pro melihat sambutan dan antusiasme yang baik dari penggunanya di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dan ibadah termasuk perjalanan seperti umrah bisa saling terkait. "Melihat antusiasme tahun lalu, kami sangat senang melanjutkan program ini dan ingin membaginya dengan peserta yang membagikan pengalaman spiritualnya selama bulan Ramadan melalui challenge #NgeJurnalYuk," tambah Nafees.
Kedua pemenang, yakni Iis Septiana dan Indah Marisyia, merasa senang sekaligus terharu karena bisa melakukan perjalanan spiritual berupa umrah. Menurut Iis, selama 30 hari Ramadan, ia mencatat semua ibadah dan kebaikan yang dilakukan, semata sebagai pengingat agar ia bisa konsisten beribadah. Sementara, Indah mengakui bahwa ngejurnal bisa menjadi manifes baginya dalam meningkatkan kuantitas maupun kualitas ibadah diri. "Akhirnya bisa memenuhi panggilan-Nya buat umrah," ujar Indah dan Iis.
Meskipun berasal dari industri yang berbeda, Kispray Kasturi Suci selaku partner tahun ini memiliki visi yang sama, yaitu mengintegrasikan nilai-nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari. Ini menunjukkan bagaimana sebuah merek dapat berinovasi dengan menjadikan praktik ibadah lebih mudah diakses dan lebih bermakna di era modern. "Kemitraan ini menjadi contoh bagaimana teknologi dan brand gaya hidup dapat berkolaborasi untuk menciptakan ekosistem gaya hidup berbasis nilai-nilai Islam," Esty Fanny Yolanda Tobing, Senior Brand Manager, Kispray menambahkan.
Kispray Kasturi Suci adalah varian terbaru dari Kispray dengan wewangian kasturi yang mengingatkan pada aroma suci di Tanah Haram. Diformulasikan khusus, Kispray Kasturi Suci dapat disemprotkan pada perlengkapan ibadah seperti mukena dan sajadah untuk menghilangkan bau apek dan meningkatkan kualitas ibadah. Tak hanya itu, Kispray Kasturi Suci juga telah bersertifikat halal.
Pemberian umrah cuma-cuma bagi pengguna setia Muslim Pro, menjadi pelengkap perjalanan spiritual mereka yang telah dijalankan selama bulan Ramadan melalui berbagai ibadah dan refleksi. Diharapkan perjalanan spiritual melalui ibadah umrah ini, setiap pemenang dapat memetik beragam hikmah yang bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti keikhlasan, kesabaran, dan kedekatan yang lebih dalam dengan Sang Pencipta.