Growthmates, kesuksesan tidak datang secara kebetulan, melainkan buah dari tekad yang kuat, keberanian berinovasi, dan keinginan untuk terus melangkah.
Di tengah persaingan ketat dalam industri kecantikan yang terus berkembang, dua brand lokal, Morris Parfume dan Bio Beauty Lab, berhasil menghadirkan pandangan baru melalui kisah inspiratif mereka.
Bertumbuh bersama perubahan dan optimalisasi rangkaian program dan fitur Shopee, dua brand lokal ini dapat mempertahankan posisinya di hati para pecinta parfum dan skincare di Indonesia.
Strategi Morris Parfume: menyulap aroma menjadi identitas
Menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, terutama di segmen parfum lokal, setiap brand dituntut untuk terus meningkatkan daya saingnya. Morris Parfume, sebagai brand parfum lokal yang telah hadir sejak 2007, konsisten menciptakan inovasi yang tidak hanya mempertahankan posisinya di pasar, tetapi juga menginspirasi konsumen.
Dengan komitmen menghadirkan produk lokal berkualitas internasional yang tetap terjangkau, Morris Parfume terus berkreasi agar setiap produknya mampu mencerminkan identitas dan kepribadian para pengguna.
Olivia Regina, CEO Morris Parfume, mengatakan, setiap kepribadian memiliki cerita, dan Morris ingin berperan dalam membantu menceritakan kisah para pengguna melalui aroma. Tentu saja, perjalanan ini tidak semudah membalik telapak tangan.
“Oleh karena itu, konsistensi dan adaptasi menjadi kunci keberhasilan kami hingga saat ini. Memulai jualan di toko kosmetik, sampai akhirnya pada tahun 2017 kami mulai memanfaatkan jaringan online lewat platform Shopee. Bahkan ketika e-commerce belum sebesar sekarang, kami sudah memilih Shopee sebagai platform utama untuk berjualan,” tutur Olivia.
“Perjalanan bersama Shopee membawa kami berkenalan dengan ragam kampanye tanggal kembar yang dihadirkan, berbagai promo menarik, kampanye Shopee Pilih Lokal hingga fitur interaktif Shopee Live serta Shopee Video. Program dan fitur inilah yang turut membantu kami meningkatkan performa penjualan Morris Parfume,” sambung Olivia.
Bersama dengan fitur Shopee Live dan Shopee Video, Morris berhasil membangun interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan. Melalui konsistensinya melakukan live streaming selama 18-20 jam setiap hari, Morris berhasil meningkatkan engagement dan interaksi langsung dengan audiens. Hingga saat ini, lebih dari 40% total pemesanan produk Morris Parfume datang dari Shopee Live.
Selain itu, Shopee Video juga menjadi platform untuk menonjolkan keunikan aroma produknya, memberikan inspirasi bagi calon pengguna dalam memilih parfum yang sesuai dengan kepribadian. Bahkan lewat fitur komentar Shopee Video menjadi tempat untuk saling berbagi tren dan informasi mengenai produk Morris Parfume.
Menuju musim liburan akhir tahun, nikmati rangkain keseruan Shopee Live dari akun official Morris Parfume! Selain promo menarik dan Diskon hingga 70%, ada juga penawaran bundling untuk produk-produk favorit. Jangan lewatkan juga rekomendasi produk-produk terlaris Morris yang bisa menjadi inspirasi untuk kado maupun hampers tahun baru, seperti Travel Edition, hingga produk best-seller Black Edition dan Frosted Edition.
Baca Juga: Jadi Host Shopee Live, Mendag Dorong Penjualan UMKM Selama Harbolnas 2024
Bio Beauty Lab: Inovasi Skincare Lokal Lewat Bahan Alami dan Teknologi
Di sisi lain, industri skincare lokal juga terus menunjukan perkembangan yang pesat. Bio Beauty Lab, brand kecantikan lokal berhasil mencuri perhatian lewat konsep unik yang memadukan Science dan Natural Ingredients.
Produksi yang dilakukan secara lokal dengan melibatkan 500 karyawan dari berbagai divisi, mengusung standar internasional dalam prosesnya. Demi memastikan kualitas produk yang maksimal, setiap produk Bio Beauty Lab juga melewati proses riset dan pengujian yang panjang, dengan rata-rata 12 hingga 18 bulan.
Setiap produk yang dihasilkan pun harus melalui tahap uji coba oleh responden yang dipilih berdasarkan tipe dan permasalahan kulit secara spesifik. Hasil pengujian ini untuk memastikan bahwa formula Bio Beauty Lab dapat menyelesaikan masalah kulit mereka dan memberikan efek yang efektif bagi kulit.
Tak hanya unggul dalam kualitas produk, brand skincare yang terkenal dengan serumnya ini juga terus berinovasi dalam strategi pemasarannya. Untuk memperluas jangkauan pasar, Bio Beauty Lab memutuskan bergabung dengan Shopee dan mengadopsi fitur interaktif seperti Shopee Live pada pertengahan tahun 2023.
Langkah ini terbukti membawa dampak besar bagi penjualan mereka, kontribusi penjualan Bio Beauty Lab di Shopee Live mencapai 31% dari total penjualan. Bahkan, peningkatan ini semakin terasa saat momen kampanye besar seperti 12.12 Big Sale kemarin. Penjualan Bio Beauty Lab melalui Shopee Live mencatat lonjakan hingga 20 kali lipat dibandingkan hari biasa.
“Tentunya kami ingin berterima kasih kepada Shopee yang telah memberikan ruang bagi para pelaku bisnis lokal dan UMKM untuk terus berkembang. Kami juga berusaha untuk terus berinvestasi pada program kampanye dan fitur Shopee dalam memperluas pasar kami,” terang Asri Puji Utami, Product Management Bio Beauty Lab.
Dikatakan Asri, fitur Shopee Live contohnya, tidak hanya memberikan kesempatan meningkatkan engagement, tetapi juga mempermudah pihaknya dalam memberikan edukasi dari setiap produk Bio Beauty Lab.
“Senang rasanya bisa berkomunikasi langsung, menjawab pertanyaan, dan memberikan tips yang bermanfaat terkait permasalahan kulit. Apalagi menuju perayaan akhir tahun ini, menjadi kesempatan kami membantu mereka menemukan solusi terbaik untuk kebutuhan kulit,” ujar Asri.
Nah Growthmates, kisah sukses Bio Beauty Lab dan Morris Parfume menjadi bukti bahwa pemanfaatan teknologi dan ekosistem digital yang tepat merupakan strategi penting untuk memperkuat daya saing sekaligus meningkatkan daya tarik di tengah perkembangan pesat industri. Semoga informasinya bermanfaat ya!
Baca Juga: Bisnis Meningkat Berkat Shopee Live, Brand Parfum Lokal Evangeline Bagikan Strategi Suksesnya