Dalam industri kuliner, rasa bukan satu-satunya faktor yang menentukan kepuasan pelanggan. Keamanan dan penanganan makanan menjadi fondasi penting yang tidak bisa diabaikan. Hal inilah yang ditegaskan oleh CEO dan Managing Director PT Champ Resto Indonesia Tbk, Eric Leong.
Menurut Eric, keamanan makanan (food safety) dan penanganan makanan yang tepat (food handling) merupakan fokus utama perusahaannya, meskipun harus menanggung biaya operasional yang lebih tinggi.
“Memang mahal sedikit untuk urusin food safety, ya. Tapi buat saya, keamanan makanan dan cara mengelola makanan harus diterapkan setiap hari,” kata Eric dalam pernyataannya kepada Olenka beberapa waktu lalu.
Baca Juga: CRI Luncurkan Super App, CEO Eric Leong: Kami Siap Jadi Ikon Kuliner di Genggaman Anda
Salah satu langkah konkret yang dilakukan perusahaan adalah menjaga suhu penyimpanan bahan makanan. Sayur dan buah, misalnya, disimpan dalam chiller dengan suhu ideal 1 hingga 4 derajat Celsius. Rentang suhu ini penting untuk memastikan kesegaran bahan dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit.
“Belum tentu restoran yang makanannya enak, dapurnya aman dalam mengelola makanan. Suhu chiller harus benar. Ada yang enggak mematuhi. Makanya kami lebih memilih rugi sedikit, asal makanan yang disajikan aman,” ujarnya.
Baca Juga: Langkah Digital Besar CRI Super App, Satukan 10 Brand Kuliner dalam Satu Genggaman
Untuk menjamin standar tersebut dijalankan secara konsisten, Champ Resto Indonesia mengembangkan aplikasi dan sistem audit internal. Sistem ini memudahkan tim untuk melakukan pemeriksaan rutin di seluruh jaringan restoran.
“Kami buat sistem check-in, audit, dan aplikasi untuk memastikan makanan yang kami sajikan aman dan berkualitas. Dari segi operasional, kami juga punya sistem untuk pengecekan berkala,” jelas Eric.
Tak hanya fokus pada keamanan makanan, perusahaan yang telah melantai di bursa (Tbk) ini juga menjamin kesejahteraan karyawannya. Eric menegaskan bahwa semua karyawan dibayar sesuai standar Upah Minimum Provinsi (UMP), sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap tenaga kerja dan pelayanan.
Baca Juga: CRIF Luncurkan Fitur Skor Penilaian Bantu Dunia Bisnis Hadapi Tarif Perdagangan AS
“Kami pastikan karyawan dijaga, agar mereka juga bisa menjaga kualitas makanan. Semua harus balance,” tuturnya.
Champ Resto Indonesia juga memiliki tim khusus yang bertugas melakukan pengecekan ke setiap restoran, mulai dari bahan makanan, pelayanan, hingga kondisi dapur.
Dengan pendekatan menyeluruh ini, Eric berharap kepercayaan konsumen terhadap mutu makanan dan layanan di bawah naungan Champ Resto tetap terjaga.