Growthmates, saat ini, dunia fashion lokal di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat yang signifikan. Hal ini terlihat dari hadirnya brand-brand lokal, yang tidak hanya menawarkan produk tetapi juga berani mengambil langkah untuk menciptakan produk inovatif dengan kualitas terbaik.
Tren fashion yang terus berputar, menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha lokal untuk berkreasi dan bergerak bersama konsumen. Begitu pula yang dirasakan oleh Khairul Gani, atau dikenal dengan panggilan Gani, pemilik brand fashion lokal Gonegani yang berfokus pada knitwear berkualitas tinggi dengan desain modern dan nyaman.
Berawal dari sebuah kos-kos an, Gani pun memutuskan untuk meluncurkan brand nya sendiri dengan nama Gonegani. Saat ini, Gonegani telah banyak dikenal oleh masyarakat luas dan telah berhasil memperkuat potensinya dengan strateginya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.
Khairul Gani, Pendiri dan CEO Gonegani menyampaikan, sejak awal hadir di tengah masyarakat, dirinya berfokus untuk menciptakan produk fashion yang stylish, nyaman, dan pastinya berkualitas tinggi di Gonegani. Ketika Gonegani memutuskan masuk ke pasar online pada 2021, ia pun mencoba memetakan strategi dan inovasi apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong penjualan secara online ini.
“Saat bergabung dengan Shopee, kami sudah melihat bahwa adanya potensi yang dapat kami optimalkan melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee. Mulai dari mengikuti kampanye angka kembar hingga mengoptimalkan fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live & Video, untuk bergerak bersama dengan perilaku belanja konsumen yang perlahan berubah. Dampak positif yang terlihat sejak kami mulai aktif melakukan live streaming di Shopee Live, dimana terdapat peningkatan pesanan lebih dari 70 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu,” tutur Gani.
Baca Juga: Begini Konsistensi Shopee Dongkrak Bisnis UMKM dan Brand Lokal
Gonegani Siap Tumbuh Lebih Pesat di Era Digital yang Semakin Berkembang
Banyaknya keberhasilan yang sudah Gonegani capai menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital. Riset pasar merupakan kunci utama yang selalu dilakukan oleh Gonegani untuk membangun dan menjaga keberlangsungan bisnis.
Mulai dari mempelajari tren-tren fashion yang tidak hanya digemari tapi juga dibutuhkan oleh pasar Indonesia, hingga bergerak dengan perkembangan perilaku belanja dimana masyarakat cenderung memilih cara berbelanja yang mudah dan dapat langsung bertanya melalui live streaming.
"Saya yakin interaksi langsung dengan konsumen adalah kunci keberhasilan di era digital. Melalui Shopee Live dan Shopee Video, kami bisa mendengar feedback konsumen dan terus berinovasi. Konsumen lebih mudah melihat kualitas produk, bertanya soal padu padan, hingga menikmati penawaran voucher. Rutin menjalankan Shopee Live membantu kami menjangkau lebih banyak konsumen, berjualan real-time, dan membangun kepercayaan. Pesanan melalui Shopee Live kini bahkan berkontribusi hingga 50% bagi kami,” lanjut Gani.
Baca Juga: Kisah Inspiratif Ibu Rumah Tangga yang Banting Setir dan Sukses Jadi Kreator Fashion, Seperti Apa?
Dalam membuat konten, Gonegani juga turut meriset apa tren yang sedang berlangsung di dunia fashion. Sehingga konten yang disuguhkan dapat meningkatkan daya tarik pengguna, antara lain seperti mix & match. Tidak hanya itu, untuk semakin memperkuat strategi, Gonegani sering untuk memberikan voucher untuk berbelanja tidak hanya melalui Shopee Live tetapi juga Shopee Video.
“Memutuskan untuk rutin aktif Shopee Live, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup baik untuk pribadi, keluarga dan bisnis. Saat ini pun, Gonegani sudah memiliki team sendiri untuk meng handle Shopee Live, bahkan ini juga menjadi kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan baru,” paparnya.
Saat awal bergabung, salah satu keinginan Gani adalah untuk menghabiskan produk-produk yang tidak terjual melalui website. Namun, lebih dari ekspektasi yang dinanti, tidak hanya menghabiskan produk, Shopee telah membantu meningkatkan penjualan.
Hingga saat inipun, kampanye angka kembat seperti Big Ramadan Sale hingga PayDay Sale masih menjadi bintang dan momentum yang besar bagi Gonegani. Dimana hal yang sangat dirasakan adalah, pada momen kampanye angka kembar, sesi Shopee Live mengalami puncak penjualan tertinggi, dimana banyak pengguna yang bergabung dan berbelanja.
Kilas Balik Perjalanan Gonegani
Ketertarikan Gani terhadap dunia fashion sudah terlihat sejak di bangku kuliah, dimana pada saat itu, Gani kerap diminta oleh teman-temannya untuk membantu memadupadankan OOTD yang akan digunakan.
Memiliki mimpi untuk melahirkan brand fashion yang dapat berdiri di 3 kota besar di Indonesia, Gani pun melakukan berbagai upaya mulai dari mencoba membuka online shop saat di bangku kuliah hingga bekerja di salah satu brand fashion untuk mempelajari lebih dalam mengenai bisnis dalam industri tersebut. Gonegani sendiri pertama kali berdiri pada tahun 2015 dengan visi untuk menawarkan produk knitwear yang berkualitas tinggi dan desain yang mengikuti tren fashion global.
Membangun identitas dan menciptakan produk dengan khas Gonegani bukanlah hal yang mudah. Secara rinci dan teliti, Gani memperhatikan proses produksi produk-produk Gonegani agar memiliki kualitas terbaik. Dimana kain untuk produksi Gonegani sendiri selalu membelinya dari tangan pertama dan diproses secara lokal. Berawal dari produksi skala kecil, Gonegani perlahan memperluas jangkauan pasarnya melalui berbagai pameran lokal dan online marketplace.
Dengan semangat dan kegigihannya, ke depannya Gani akan terus belajar dan mengikuti tren serta pergerakan perilaku belanja masyarakat. Masih banyak peluang dan potensi yang dapat dikreasikan melalui brand nya, Gonegani. Tidak hanya untuk keberlangsungan bisnis, tetapi juga untuk membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh produk-produk lokal.
Baca Juga: Cerita Sukses Pelaku UMKM Sepatu Beromzet Jumbo, Apa Rahasianya?