Industri content creator di Indonesia terus mencatatkan pertumbuhan yang luar biasa. Menurut Edho Zell, seorang content creator sekaligus CEO Social Bread, lonjakan ini tidak hanya terlihat dari jumlah pelaku industri yang meningkat drastis, tetapi juga dari pengaruh yang semakin besar dalam berbagai aspek, terutama dalam memengaruhi perilaku konsumen.
“Perkembangannya sangat-sangat meningkat banget. Dulu, saat saya memulai karier sebagai content creator di tahun 2009, hanya ada sekitar lima orang. Tapi sekarang jumlahnya sudah tidak terhitung. Banyak sekali content creator dengan jutaan followers, sampai saya berpikir, ‘Ini siapa ya, kok followers-nya jutaan?’,” ungkap Edho dalam video yang dikutip Olenka pada Senin (23/12/2024).
Baca Juga: Sering Dikira Sama, Ternyata Ini Lho Bedanya Influencer dan Content Creator
Menurutnya, industri ini tidak hanya tumbuh dari sisi kuantitas, tetapi juga dari sisi dampak yang dihasilkan. “Content creator sekarang makin jago memengaruhi orang-orang untuk membeli sebuah produk. Jadi, pertumbuhannya terjadi dari segi jumlah dan juga pengaruhnya yang makin lama makin besar,” ujarnya.
Edho Zell menjelaskan bahwa kunci keberhasilan content creator adalah kemampuan untuk memahami dan “tap-in” ke audiens mereka. Mengenai “jenis konten yang paling efektif adalah yang bisa menjual produk. Tapi tidak ada satu formula khusus untuk itu. Setiap content creator punya audiens dengan karakteristik dan preferensinya masing-masing,” ungkap Edho.
Ia juga menyoroti pentingnya fleksibilitas dari pihak brand yang bekerja sama dengan content creator.
“Brand harus mendukung kreativitas content creator, termasuk cara mereka menyampaikan pesan dan merepresentasikan produk. Setiap creator memiliki gaya dan bahasa unik yang sudah melekat dengan audiensnya,” jelasnya.
Baca Juga: Gandeng Artis Korea Ternama, TipTip dan Most Contents Hadirkan Orkestra Megah Lagu OST K-Drama
Seiring dengan semakin banyaknya pelaku di industri ini, kompetisi juga menjadi lebih sengit. Content creator tidak hanya harus kreatif, tetapi juga mampu mempertahankan relevansi di tengah persaingan.
“Industri ini sekarang sangat kompetitif. Content creator harus bisa terus beradaptasi dengan tren dan kebutuhan audiens,” ungkap Edho.
Dengan perkembangan yang terus meningkat, content creator kini tidak hanya menjadi pelaku hiburan, tetapi juga pilar penting dalam pemasaran digital. Keaslian dan kemampuan untuk memahami audiens menjadi kunci keberhasilan di tengah pertumbuhan pesat ini