Growthmates, mungkin ada di antara kamu yang kerap menganggap sama apa itu Influencer dan content creator. Namun ternyata, kedua profesi yang tengah dilirik banyak orang ini sangat berbeda, lho. Simak terus artikel selengkapnya ya!

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh, aktif, dan memiliki banyak pengikut di sosial media, dan biasanya konten yang disajikan pun biasanya berupa promosi produk. 

Sementara content creator merupakan seseorang yang berfokus untuk membuat konten yang selaras dengan audiens mereka. Biasanya, content creator menyajikan konten yang mereka buat dalam bentuk video atau foto, dan kemudian dibagikan di platform media sosial seperti YouTube, TikTok, atau bahkan Instagram.

Content creator itu juga banyak jenisnya. Di antaranya seperti blogger, vlogger, podcaster, illustrator, dan lain sebagainya. Influencer merupakan bagian dari jenis content creator, tapi tidak semua content creator adalah influencer

Perbedaan Content Creator vs Influencer

Selain memiliki pengertian yang berbeda, perbedaan content creator dan influencer juga terletak pada berbagai aspek, di antaranya adalah:

1. Tujuan

Mengutip dari laman grin.co, tujuan utama para pembuat konten atau content creator adalah menghubungkan dan melibatkan banyak orang yang memiliki tujuan, nilai, dan gaya hidup yang sama. 

Seorang content creator bekerja dengan tujuan untuk membuat konten yang mengedukasi dan memberikan informasi. Mereka juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah pengikut, tetapi cenderung lebih fokus pada informasi yang diberikan.

Sementara influencer bekerja dengan tujuan membuat konten yang mampu meyakinkan para pengikutnya untuk membeli produk yang mereka pasarkan media sosial. Influencer akan memanfaatkan para pengikutnya untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan.

Baca Juga: 6 Tips Jadi Influencer Instagram yang Sukses dan Populer, Intip di Sini!

Baca Juga: Apakah Promosi Bisnis Lewat Influencer Bisa Lebih Efektif?

2. Kolaborasi Merek

Menukil dari laman famesters.com, sebuah merek atau brand biasanya memanfaatkan content creator dan influencer untuk mencapai tujuan yang berbeda. 

Dalam hal kolaborasi merek, sebuah bisnis biasanya melibatkan content creator untuk menghasilkan konten dengan tujuan pemasaran. Sementara influencer, dilibatkan untuk meng-influence audiens mereka guna meningkatkan kesadaran produk dan mendorong penjualan.