Growthmates, bekerja secara produktif merujuk pada kemampuan seseorang untuk menghasilkan hasil yang diinginkan dengan efektif dan efisien. Hal ini pun melibatkan penggunaan waktu, energi, dan sumber daya lainnya dengan cara yang optimal untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Menurut studi penelitian terbaru, strategi efektif tertentu meningkatkan kinerja dan mendukung alur kerja yang efisien. Dari membuat daftar tugas hingga mematuhi kerangka waktu, menggabungkan strategi cerdas membantumu mencapai pencapaian dalam karier.
Dan dikutip dari Times of India Jumat (3/5/2024), berikut strategi efektif untuk menjadi lebih produktif di tempat kerja. Apa saja?
1. Buat daftar tugas prioritas
Memprioritaskan tugas sehari-hari sangat penting untuk menghindari gangguan alur kerja. Pertimbangkan untuk membuat daftar tugas setiap hari karena ini membantu mengelola tugas secara efektif. Merencanakan tugas harian akan meningkatkan produktivitas kamu di tempat kerja dan memastikan penyelesaian tugas tepat waktu.
2. Atur ruang kerja dan jadikan estetis
Temuan penelitian menunjukkan bahwa ruang kerja yang kreatif dan estetis meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi tingkat stres. Ruang kerja yang kreatif dan menarik menimbulkan dampak positif bagi pikiran.
Selain itu, menata meja dan laptop juga tak kalah pentingnya karena tak ada waktu yang terbuang dalam mencari dokumen. Ruang kerja yang bersih dan terorganisir memberikan rasa kejernihan dan arah pikiran.
Baca Juga: 8 Teknik Menarik ala Orang Jepang Agar Tetap Produktif di Tempat Kerja
3. Fokus pada manajemen waktu
Salah satu aturan dasar untuk sukses dalam karier adalah menguasai kebiasaan manajemen waktu. Kurangnya jadwal yang tepat menyebabkan penundaan dan tumpukan pekerjaan yang meningkatkan tingkat stres.
Menjadwalkan berbagai proyek, tugas, dan pertemuan membantu penyerahan pekerjaan tepat waktu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa para profesional yang melakukan pekerjaan dalam jangka waktu tertentu adalah orang yang sangat produktif dan efisien.
4. Berlatih meditasi
Masalah gaya hidup dapat berasal dari beban kerja dan ketidakmampuan mencapai keseimbangan kehidupan kerja. Kecemasan dan stres dapat berdampak signifikan terhadap kinerja di tempat kerja.
Mindfulness adalah pendekatan penyembuhan holistik yang membantu menenangkan pikiran dan terhubung dengan diri sendiri dengan lebih baik. Meditasi adalah obat yang telah teruji waktu untuk mengendalikan hidup dan telah terbukti meningkatkan kepercayaan diri.
Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan Agar Menjadi Lebih Produktif, Catat!
5. Beristirahatlah!
Beristirahat penting untuk membina hubungan yang sehat dengan pekerjaan. Bekerja terus menerus tanpa istirahat atau bekerja lebih dari jam kerja dapat mengganggu rutinitas harian di tempat kerja sehingga menyebabkan lonjakan tingkat stres.
Aktivitas seperti jalan-jalan atau bertemu teman kerja untuk rehat minum teh dapat mencegah kelelahan dan mengurangi risiko kelelahan.
6. Tetapkan target dan sasaran harian
Menetapkan target harian untuk proyek membantu Anda mencapainya tepat waktu. Menetapkan tujuan dan target membuat focus kamu tetap selaras dengan tujuan.
Produktivitas hanya dapat ditingkatkan bila target ditetapkan dengan cerdas. Barangkali, pikiran yang tanpa arah tidak akan pernah bisa membuahkan hasil yang optimal.
7. Batasi gangguan dan patuhi kerangka waktu
Periksa berapa banyak waktu yang kamu habiskan di media sosial. Gangguan di tempat kerja termasuk penggunaan ponsel pintar secara berlebihan, terlibat dalam gosip kantor, atau mendiskusikan masalah pribadi dengan rekan kerja.
Gangguan tersebut dapat menimbulkan budaya kerja yang tak sehat dan menyebabkan tertundanya penyelesaian dan penyerahan tugas.
Semoga informasinya bermanfaat, ya!
Baca Juga: 5 Tips Biar Pekerjaan Cepat Selesai dan Gak Dikejar Deadline, Catat Ya!