Growthmates, sangat sedikit orang yang memahami bahwa ada beberapa etika yang penting kamu ketahui saat memasuki dunia kerja. Etika dalam bekerja adalah sikap seseorang dalam mempertahankan nilai-nilai baik di lingkungan kerja. Hal ini mencakup cara seseorang melakukan tugas pekerjaannya, cara berinteraksi dengan rekan kerja, dan cara berkomunikasi.
Bagi karyawan, menerapkan etika di kantor bisa melatih diri untuk bersikap dan memengaruhi citranya. Keuntungan lainnya bagi kamu untuk mengaplikasikan etika kerja yang baik adalah kamu dapat menjalani hubungan yang lebih sehat dengan kolega dan memiliki lingkungan kerja yang positif, sehingga kamu merasa nyaman dengan lingkungan kerjamu.
Lebih jauh, manfaat lain dari menerapkan etika yang berlaku di kantor adalah mampu meningkatkan karier bagi si karyawan tersebut.
Nah, untuk mengetahui apa saja yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan di lingkungan kerja, berikut adalah 7 etika utama yang harus kamu ketahui danterapkan di lingkungan kerja. Yuk, simak!
1. Ketepatan waktu
Datanglah tepat waktu karena ini merupakan bentuk penghormatan mendasar terhadap jadwal dan komitmen orang lain. Tepat waktu dalam rapat, tenggat waktu, dan tugas sehari-hari karena hal itu menunjukkan dedikasi terhadap peranmu di kantor dan meningkatkan keandalanmu di mata atasan dan rekan kerja.
2. Komunikasi professional
Komunikasi yang efektif sangatlah penting. Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas baik dalam interaksi tertulis maupun verbal. Kamu harus selalu menjaga nada hormat dan memastikan pesan kamu dipahami karena hal ini mencegah kesalahpahaman.
Baca Juga: 4 Cara Efektif Menghadapi Politik Kantor Tanpa Terseret ke Dalamnya
3. Menghargai keberagaman
Orang-orang datang untuk bekerja dari berbagai lapisan masyarakat dengan latar belakang, perspektif, dan pengalaman yang beragam. Perlakukan setiap orang dengan rasa hormat dan empati, dan tumbuhkan suasana inklusif yang mendorong kolaborasi dan inovasi.
4. Penampilan di tempat kerja
Berpakaian yang sesuai dengan budaya tempat kerja kamu sangatlah penting. Kamu tidak bisa masuk begitu saja dengan pakaian yang tidak dicuci, kotor, atau sangat kasual karena penampilanmu dapat memengaruhi persepsi orang lain terhadapmu, Growthmates.
5. Kolaborasi tim
Kerja tim yang sukses bergantung pada kolaborasi terbuka. Bersedialah untuk berbagi keahlian dan dukung kolegamu. Berkontribusi secara positif pada upaya kelompok menunjukkan dedikasi kamu untuk mencapai tujuan kolektif.
6. Resolusi konflik
Konflik tidak dapat dihindari, namun cara kamu menanganinya sangatlah penting. Atasi perselisihan dengan tenang dan profesional, dengan fokus mencari solusi daripada menyalahkan. Pendekatan ini mendorong lingkungan kerja yang harmonis.
7. Etiket kantor
Hormati ruang bersama dengan menjaganya tetap rapi dan meminimalkan gangguan kebisingan. Gunakan perangkat kamu secara diam-diam, dan perhatikan kebutuhan orang lain akan konsentrasi.
Jika kamu ingin berbicara dengan seseorang, pergilah ke kabin atau menjauhlah dari ruangan di mana orang dapat terganggu oleh volume suaramu.
Semoga informasinya bermanfaat, ya!
Baca Juga: 5 Ciri-ciri Teman Kantor yang Toxic, Kamu Pernah Punya Pengalaman Gak?