Growthmates, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menjadi individu yang stabil, konsisten, dan bijak dalam mengambil keputusan saat bekerja? Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan melakukan praktik mindfulness di tempat kerjamu.

Di tengah kesibukan kerja setiap harinya, kamu tetap harus bisa menerapkan prinsip mindfulness agar kamu merasa lebih hidup dan produktif.

Mindfulness sendiri akan memberikan individu ruang untuk berpikir dan merupakan landasan untuk mental agility, resilience, serta self-awareness. Dengan demikian, mindfulness dapat mengurangi kelelahan emosional serta meningkatkan keterbukaan untuk ide-ide baru dan empati yang lebih baik.

Dilansir dari laman Mindful, Rabu (1/5/2024), berikut beberapa cara untuk menerapkan mindfulness di dunia kerja. Yuk simak!

1. Hadir Secara Sadar

Hal yang paling penting dalam dunia kerja adalah perihal kesadaran. Ketika kamu secara sadar hadir di tempat kerja, kamu menyadari dua aspek pengalaman kamu dari waktu ke waktu, yaitu apa yang terjadi di sekitar kamu dan apa yang terjadi di dalam dirimu.

Pekerjaan yang dilakukan dengan penuh perhatian berarti secara sadar hadil dalam apa yang kamu lakukan, ketika kamu melakukannya akan sama seperti kamu sedang mengelola kondisi mental dan emosional kamu.

Jika kamu sedang menulis laporan, kewaspadaan mengharuskan kamu memberikan perhatian penuh. Setiap kali pikiran kamu melayang ke hal-hal speerti itu, akui saja pemikiran tersebut dan kembalikan perhatian kamu ke tugas yang sedang kamu lakukan. Mungkin, hal ini akan terdengar sederhana, tetapi banyak aspek pengalaman kamu yang dapat menghalanginya.

2. Lakukan Latihan Singkat Mindfulness di Kantor

Latihan mindful akan melatih otak kamu untuk lebih mindful. Semakin banyak latihan minfulness yang kamu lakukan, semakin mudah pula otak kamu memasuki kondisi mindful sehingga bisa mengoptimalkan fungsi otak kamu. Menemukan waktu untuk latihan mindfulness selama 30 menit di tempat kerja tampaknya akan sulit.

Namun, latihan ini dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan tidak mengganggu pekerjaanmu. Bahkan, satu menit terhubung secara sadar dengan salah satu indera kamu dapat diklasifikasikan sebagai latihan minfulness. Kamu tidak perlu memejamkan mata ataupun duduk sendirian.

Cobalah cari waktu luang dalam sehari untuk melatih kesadaran. Proses ini dapat membantu menyeimbangkan kembali sistem saraf kamu, mengurangi respons melawan, dan melibatkan bagian bijak otak kamu sehingga kamu dapat membuat keputusan yang masuk akal daripada bereaksi secara otomatis terhadap situasi.

Baca Juga: 8 Teknik Menarik ala Orang Jepang Agar Tetap Produktif di Tempat Kerja