Growthmates, mengatakan ‘tidak’ adalah salah satu hal yang bisa terasa canggung, terutama saat kamu ingin menghindari menyakiti perasaan atau mengecewakan orang lain, terutama pada rekan kerjamu sendiri.
Namun, inilah masalahnya, belajar mengatakan ‘tidak’ penting untuk menjaga kesejahteraan mentalmu sendiri, menetapkan batasan, dan mendapatkan rasa hormat. Semuanya tentang menemukan keseimbangan yang tepat antara kejujuran, kebaikan, dan ketegasan.
Dan, berikut adalah beberapa tips sederhana tentang cara mengatakan ‘tidak’ dengan tetap menjaga hal-hal tetap positif.
1. Bersikaplah jujur tetapi baik
Kejujuran adalah kebijakan terbaik, tetapi tidak harus terkesan kasar. Bersikap langsung tanpa menutup-nutupi sesuatu dapat menunjukkan rasa hormat terhadap diri sendiri dan waktu orang lain.
Ingatlah untuk menambahkan sentuhan kebaikan—mungkin dengan mengakui permintaan mereka terlebih dahulu sebelum menolak dengan baik.
2. Jangan menjelaskan secara berlebihan
Kamu tidak perlu memberikan daftar panjang alasan mengapa kamu tidak dapat mengatakan ‘ya’. Sering kali, menjelaskan secara berlebihan hanya akan mengundang tekanan lebih lanjut atau membuat kamu merasa perlu membenarkan keputusanmu sendiri.
Tetaplah sederhana dan tegas: "Saya tidak akan dapat melakukan itu." Jika mereka meminta lebih banyak detail, berikan respons singkat dan sopan dan biarkan saja. Semakin sedikit kamu menjelaskan, semakin percaya diri dan terkendali kamu a akan terlihat.
Baca Juga: 6 Cara Mencapai Kinerja yang Berkualitas dan Optimal Tanpa Terjebak Emosi dari Pekerjaan