Yayasan Jantung Indonesia (YJI) kembali menegaskan komitmennya dalam memperluas gerakan hidup sehat dengan menghadirkan tiga ikon baru yang akan menjadi wajah kampanye kesehatan jantung, yakni Ayu Dewi, Erika Richardo, dan Jerhemy Owen.

Kolaborasi ini dipilih sebagai strategi untuk menjangkau audiens multigenerasi, sejalan dengan visi YJI membangun masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran kuat mengenai pentingnya menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Ketiga sosok tersebut dinilai memiliki pengaruh yang kuat di komunitasnya masing-masing, sekaligus mewakili semangat bahwa gaya hidup sehat bukan hanya relevan bagi kelompok usia tertentu.

YJI ingin menegaskan bahwa upaya menjaga kesehatan jantung dapat dimulai oleh siapa saja, kapan saja, melalui langkah kecil yang konsisten setiap hari.

Ayu Dewi, yang dikenal melalui berbagai kegiatan sosial, mengungkapkan rasa tanggung jawabnya membawa misi ini.

“Mendapat amanah sebagai Ikon YJI adalah kehormatan. Ini bukan sekadar tugas, tetapi panggilan hati untuk ikut menyuarakan bahwa banyak saudara-saudara kita di luar sana yang membutuhkan lebih dari sekadar bantuan materi, tetapi juga perhatian, edukasi, dan kasih sayang untuk dapat hidup lebih sehat dan berkualitas,” tutur Ayu Dewi.

Ia juga menekankan pentingnya perempuan dan para ibu dalam menjaga kesehatan diri.

“Dengan jantung yang lebih sehat, kita memiliki energi dan waktu yang lebih berkualitas untuk menghabiskan momen berharga bersama jantung hati kita, yaitu keluarga," tukasnya.

Baca Juga: ‘Don’t Miss A Beat’, Seruan YJI di Hari Jantung Sedunia 2025

Sementara itu, Jerhemy Owen, yang mewakili semangat generasi muda, menyoroti pentingnya keseimbangan antara produktivitas dan kesehatan.

“Anak muda di usia produktif sering kali terlalu fokus pada pekerjaan dan cenderung menomorduakan kesehatan. Dengan menjadi bagian dari YJI, saya berharap dapat mengajak teman-teman sebaya untuk lebih sadar dan proaktif memikirkan kesehatan, khususnya kesehatan jantung. Jantung sehat adalah modal utama untuk produktivitas dan masa depan yang cerah,” katanya.

Erika Richardo, figur yang sangat dekat dengan generasi Gen-Z dan milenial, menambahkan bahwa menjaga kesehatan adalah bentuk mencintai diri sendiri.

“Bergabung sebagai Ikon YJI adalah langkah nyata untuk menginspirasi generasi muda agar lebih mencintai diri sendiri dengan memprioritaskan kesehatan. Hidup sehat itu keren, dan menjaga jantung adalah investasi terbaik untuk dapat menikmati hidup lebih panjang dan bermakna,” ungkapnya.

Ketiga ikon baru ini akan terlibat dalam rangkaian program YJI, mulai dari kampanye digital hingga aktivitas komunitas yang langsung menyentuh masyarakat. Upaya ini diproyeksikan mampu meningkatkan edukasi publik dan membantu menurunkan angka penyakit jantung dan pembuluh darah di Indonesia.

Ketua Umum YJI, Annisa Pohan Yudhoyono, menyampaikan optimismenya terhadap kolaborasi ini. “

Kami sangat antusias menyambut Ayu, Erika, dan Owen dalam keluarga besar YJI. Kehadiran mereka diharapkan dapat memperkuat pesan kami bahwa mencegah penyakit jantung dimulai dari keputusan sederhana untuk hidup lebih sehat setiap harinya. Kolaborasi ini adalah bentuk nyata dari misi YJI untuk melakukan upaya promotif dan preventif secara berkelanjutan dan inklusif,” ucapnya, dikutip Jumat (12/12/2025).

Dengan hadirnya ikon baru ini, Annisa pun berharap pesan hidup sehat dapat menjangkau masyarakat lebih luas, terutama generasi muda yang menjadi kunci masa depan bangsa.

“Saya berharap pesan hidup sehat dapat menjangkau masyarakat lebih luas, terutama generasi muda yang memegang peran penting sebagai kunci masa depan bangsa,” tandas Annisa.

Baca Juga: Ketum YJI: Perempuan sebagai Garda Terdepan Kesehatan Jantung dan Agen Perubahan