PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengimbau nasabah untuk selalu waspada terhadap segala jenis penipuan, seperti modus penipuan yang marak akhir-akhir ini berupa pemalsuan kontak dan alamat customer service perusahaan dan bisnis di Google Maps, termasuk yang mengatasnamakan Danamon.

Selama serangan penipuan tersebut, apabila nasabah dan masyarakat melakukan pencarian informasi mengenai alamat kantor cabang atau ATM Danamon di laman Google Maps, informasi yang muncul merupakan nomor ponsel ataupun WhatsApp palsu yang bukan nomor resmi customer service milik Danamon. Jika nomor tersebut dihubungi, penerima telepon atau pesan tersebut akan bertindak seolah-olah customer service resmi Danamon, termasuk dengan memasang logo Danamon pada profil nomor WhatsApp palsu tersebut.

Baca Juga: Bank Danamon Ingatkan Masyarakat Pentingnya Menabung demi Kebebasan Finansial Masa Depan

Lebih dari itu, tidak menutup kemungkinan penipu akan meminta informasi atau memberikan tautan yang seolah-olah tidak berbahaya, tetapi sesungguhnya merupakan suatu upaya ilegal untuk mendapatkan data pribadi dan informasi perbankan nasabah, seperti OTP, PIN, password, dan lain-lain. Terdapat risiko tinggi terjadinya pencurian data pribadi dan perbankan apabila nasabah menekan tautan tersebut atau mengikuti instruksi yang diberikan oleh penipu tersebut.

"Danamon senantiasa memantau pemalsuan alamat atau nomor telepon customer service yang mengatasnamakan Danamon dan mengganti dengan informasi yang benar sebagai tindakan preventif untuk melindungi nasabah dan masyarakat," tegas Kristiani Siwi, Service Excellence Customer Care Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Dia menekankan, "Apabila Bapak atau Ibu menemukan kontak atau alamat customer service palsu yang mengatasnamakan Danamon, mohon segera laporkan kepada saluran komunikasi resmi kami. Saya mengajak kita untuk saling menjaga dan melindungi melalui pelaporan pemalsuan ini, #JanganKasihCelah kepada para penipu."

Kepada setiap nasabah, Danamon mengingatkan bahwa seluruh komunikasi resmi layanan Danamon hanya dapat dilakukan melalui saluran berikut:

  • Call Center Hello Danamon di 1-500-090;
  • WhatsApp: Danamon Chat 0858-1-1-500-090 (akun terverifikasi dengan centang hijau);
  • Facebook: Bank Danamon (akun terverifikasi dengan centang biru);
  • X:  @danamon (akun terverifikasi dengan centang biru) dan @hellodanamon;
  • Instagram:  @mydanamon (akun terverifikasi dengan centang biru);
  • YouTube: Bank Danamon;
  • LinkedIn: PT Bank Danamon Indonesia Tbk;
  • TikTok: @bankdanamon.