Perusahaan ritel kenamaan asal Jepang, UNIQLO, memberikan 2.100 pakaian untuk frontline PT Kereta Api Indonesia (KAI). Donasi pakaian ini merupakan bagian dari langkah inisiatif UNIQLO secara global melalui kampanye The Heart of LifeWear, di mana di Indonesia baru saja dirilis pada Senin, 16 Desember 2024.
Inisiatif global ini merupakan wujud dari komitmen UNIQLO untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui LifeWear, dengan menyumbangkan satu juta potong pakaian di seluruh dunia. Adapun di Indonesia, UNIQLO turut menyumbangkan 15.100 produk innerwear AIRism kepada masyarakat yang membutuhkan lewat mitra organisasi, termasuk kepada frontliners PT Kereta Api Indonesia (KAI).
“Sejalan dengan inisiatif ini, dan untuk mengungkapkan penghargaan kami terhadap dedikasi para petugas garda terdepan PT KAI, hari ini Uniqlo Indonesia, melalui inisiatif The Heart of LifeWear, memberikan 2.100 pakaian dalam AIRism untuk staf frontliner PT KAI di Indonesia agar mereka merasa nyaman dalam menjalankan tugas dan aktivitas sehari-hari,” ujar Co-Chief Operating Officer PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia), Yugo Shima, dalam agenda seremoni pemberian dukungan di St KAI Gambir, Senin (16/12/2024).
Baca Juga: Inspirasi Gaya Modest Wear dengan Manset AIRism Sleeveless UNIQLO ala Influencer Hijab
Lanjut Yugo Shima, pihaknya meyakini bahwa kolaborasi yang terjalin melalui pemberian pakaian AIRism ini akan menciptakan sinergi yang kuat antara Uniqlo dan PT KAI, serta membawa manfaat yang lebih besar bagi masyarakat di Tanah Air.
Dalam kesempatan yang sama, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO), Irma Yunia, mengungkap alasan di balik perusahaan memilih PT Kereta Api Indonesia sebagai bagian dari penerima manfaat dari kampanye global yang dilakukan oleh UNIQLO.
Dinilai Irma, ini menjadi momen yang tepat untuk memberikan apresiasi kepada para petugas garis depan di sektor transportasi, terutama menjelang akhir tahun ketika aktivitas perjalanan meningkat. Dan berdasarkan data dari badan kebijakan transportasi menunjukkan, moda transportasi kereta api menjadi yang paling dominan selama periode Natal dan Tahun Baru 2023, dengan lebih dari 13% atau hampir 14 juta pelanggan menggunakan kereta.
Oleh karena itu, donasi berupa pakaian AIRism diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada petugas kereta api yang tidak hanya mencakup pramugari, tetapi juga petugas kebersihan, teknisi, dan layanan pelanggan, yang semuanya memiliki peran penting dalam melayani masyarakat.
“Jadi harapannya bisa membantulah dalam mereka melaksanakan tugasnya untuk melayani masyarakat di negara ini,” tutur Irma.
Managing Director of Commerce PT. Kereta Api Indonesia, Hadis Surya Palapa, turut mengapresiasi program global The Heart of Lifewear dari UNIQLO, yang mendonasikan 15.100 pakaian ke Indonesia, termasuk 2.100 pakaian AIRism untuk frontliner PT KAI.
Hadis menilai, inisiatif tersebut sejalan dengan program KAI yang mengedepankan keberlanjutan dan teknologi ramah lingkungan, seperti penggunaan water dispenser untuk mengurangi sampah plastik. Di mana, UNIQLO juga berfokus pada inovasi teknologi dalam pembuatan bahan baku, menggunakan proses yang ramah lingkungan, serta menerapkan teknologi canggih dalam setiap tahap produksinya.
“Pakaian AIRism yang diberikan secara cuma-cuma kepada para petugas garis depan kami akan sangat bermanfaat. Kelebihan seperti ringan, cepat kering, dan daya serap tinggi sangat sesuai dengan kebutuhan mereka, baik itu pramugara, pramugari, teknisi, hingga staf pelayanan di stasiun atau lintasan. Mereka akan merasakan manfaat besar dari pakaian ini,” tutur Hadis.
Lanjut Hadis, kerjasama ini dianggap sebagai sinergi positif antara sektor swasta dan BUMN, yang diharapkan terus berkembang dengan program-program inovatif lainnya.
“Kami percaya bahwa kemitraan dengan UNIQLO adalah langkah terbaik bagi PT Kereta Api Indonesia. Kami berharap kolaborasi ini dapat terus disebarluaskan, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Indonesia,” imbuhnya.