Garuda Indonesia Travel Festival (GATF) kembali menyapa warga Kota Jakarta menjelang akhir tahun 2024. Mengusung format one stop-shopping, pemeran yang diinisiasi oleh Garuda Indonesia yang bekerja sama dengan Bank Mandiri ini tengah berlangsung di Istora Senayan Jakarta, 29 November - 1 Desember 2024 mendatang.
Wakil Menteri Pariwisata, Ni Luh Puspa, mengungkap bahwa selama penyelenggaraan tiga hari berturut-turut, GATF tahun ini menargetkan lebih dari 50.000 pengunjung dengan target nilai transaksi hingga Rp100 miliar.
Namun, Ni Luh Puspa meyakini, nilai transaksi akan melebihi angka yang ditargetkan, melihat kolaborasi inovatif yang dihadirkan oleh dua perusahaan besar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.
Baca Juga: Kerja Sama Garuda Indonesia-Thamrin Nine Hadirkan Premium Experience
“Ini kolaborasi yang membuat hati kita senang, antar (perusahaan) BUMN saling support satu sama lain. Saya yakin, targetnya lebih dari Rp100 miliar ini,” ujar Ni Luh Puspa ketika menghadiri agenda opening GATF 2024 yang berlangsung di Istora Senayan, Jumat (29/11/2024).
Ni Luh berharap, GATF 2024 dapat menjadi wadah kolaborasi antara pelaku industri wisata untuk mempromosikan berbagai destinasi wisata di Tanah Air saat ini. Baik itu destinasi pariwisata super prioritas maupun prioritas.
“Termasuk juga kami berharap dapat berkontribusi bagi pencapaian target strategis sektor pariwisata di tahun 2024, mulai dari peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, pergerakan wisatawan nusantara, kemudian juga menambah dari visa pariwisata hingga membuka lapangan kerja baru,” imbuh Ni Luh.
Sejak tahun 2019 hingga 2023, Garuda Indonesia rutin mengadakan event Garuda di berbagai kota di Indonesia dan mancanegara sebagai bentuk komitmen perusahaan sebagai national flag carrier dalam mendukung pariwisata internasional.
“Tahun ini, acara tersebut bertransformasi menjadi Garuda Indonesia Travel Festival (GATF) dengan konsep baru yang lebih segar, menghadirkan kemeriahan dan pengalaman rekreatif bagi masyarakat,” kata Direktur Niaga Garuda Indonesia Ade R. Susardi, dalam kesempatan yang sama.
Lanjut Ade, GATF tidak hanya menjadi ajang pertemuan antara agen perjalanan dan penyedia layanan wisata dengan pelanggan, tetapi juga menawarkan pengalaman menarik melalui berbagai zona seperti Travel Expo, Food Village, Retail Area, Entertainment Zone, dan Music Stage.
“Acara ini berlangsung di 10 kota besar, termasuk Surabaya, Makassar, Palembang, Medan, Denpasar, Jayapura, Jakarta, serta tiga kota internasional, yaitu Seoul, Shanghai, dan Singapura. Puncak penyelenggaraan GATF tahun ini berlangsung di Jakarta pada 29 November hingga 1 Desember, yang sekaligus menandai peluncuran konsep festival pertama di ibu kota,” ucap Ade.
Baca Juga: Seni Memimpin Irfan Setiaputra, Menerbangkan Garuda ke Ketinggian Baru
Dengan tema Unlock Your Journey, GATF menghadirkan berbagai penawaran menarik, seperti diskon tiket pesawat dan paket perjalanan, untuk mempermudah masyarakat merencanakan wisata bersama keluarga menjelang liburan akhir tahun.
Acara ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah untuk membantu masyarakat mengurangi beban biaya perjalanan. Selain itu, Garuda Indonesia berharap setiap perjalanan bersama mereka memberikan pengalaman berkesan yang dapat dikenang dan dibagikan kepada orang lain.
Adapun rute domestik yang ditawarkan antara lain Jakarta – Bali pp: Rp1,8 juta; Jakarta – Surabaya pp: Rp1,3 juta; Jakarta – Balikpapan pp: Rp2 juta. Sementara untuk perjalanan internasional, antara lain adalah Jakarta – Singapura pp: Rp2,7 juta; Jakarta – Haneda pp: Rp5,5 juta; dan Jakarta – Amsterdam pp: Rp7,7 juta