Growthmates, menurut laporan dari The World Footwear Yearbook 2024 (APICCAPS, 2024), Indonesia menduduki peringkat tertinggi di antara negara Asia Tenggara dan berada di posisi ke-7 secara global dalam daftar 10 negara dengan konsumen alas kaki terbanyak.

Besarnya konsumen potensial di industri alas kaki ini turut mendorong kreativitas pelaku UMKM untuk menciptakan ide bisnis yang mendukung popularitas industri tersebut. Salah satu contohnya Senoaji Bimantara (Aji), pendiri Metamorf, brand perawatan sepatu yang telah berdiri sejak tahun 2020. 

Setelah bertahun-tahun lompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya, mulai dari Customers Service hingga menjadi Sales mobil, Aji akhirnya berani memantapkan diri untuk mengejar mimpinya menjadi seorang pebisnis online. Aji melihat bahwa berbisnis di platform e-commerce memiliki prospek finansial yang baik. 

“Awalnya saya lihat kalau industri sepatu lagi meningkat banget, banyak brand sepatu lokal bermunculan, ditambah lagi waktu itu koleksi sneakers juga lagi trending. Dari situ saya tertarik untuk coba masuk lewat jalur produk perawatan sepatu secara DIY (Do-It-Yourself). Apalagi saat itu, brand sejenis Metamorf ini belum terlalu banyak dan langsung memilih platform e-commerce seperti Shopee karena lebih hemat secara biaya operasional,” sebut Aji, Pendiri Metamorf.

Aji adalah salah satu contoh pelaku UMKM yang berhasil mendulang kesuksesan dengan memanfaatkan teknologi digital seperti Shopee. Ia pun membagikan beberapa strategi yang ia lakukan hingga meraih kesuksesan seperti sekarang ini. Apa saja?

1. Buka Potensi Diri dengan Keluar dari Zona Aman

Aji mengalami jalan yang cukup berliku dalam membangun Metamorf. Sebelum mulai berbisnis, Aji sempat merasa skeptis dengan potensi keberhasilan berbisnis menggunakan platform e-commerce. Melihat kesuksesan temannya yang berjualan di Shopee akhirnya mendorong Aji untuk mulai berani berbisnis lewat e-commerce. 

“Awalnya saya sama sekali gak tertarik jualan online. Sempat skeptis karena saya gak yakin apa benar platform e-commerce bisa jadi media kita untuk sukses jualan. Tapi semua keraguan saya hilang setelah saya lihat teman saya yang tiap hari kerjaannya ngulik strategi jualan di Shopee dan bisnisnya bisa meroket luar biasa. Dari situlah akhirnya saya mulai tertarik berjualan di Shopee sampai sekarang Shopee udah jadi sumber penghasilan utama untuk bisnis saya," jelas Aji.

Baca Juga: PON XXI 2024, SPEED JERSEY Dukung UMKM di Aceh Lewat Pendampingan Bisnis