Compas.co.id dalam riset terbarunya menyebut, nilai penjualan atau sales value industri Beauty & Care pada kuartal I/2024 mengalami peningkatan. Industri ini mencatat pertumbuhan Rp8,9 triliun atau melonjak 42% dibandingkan kuartal I/2023 yang berada di angka Rp6,1 triliun.

Sunscreen menjadi produk kecantikan tertinggi dalam penjualannya selama kuartal 1/2024. Co-founder & CEO Compas.co.id, Hanindia Narendrata, mengungkap bahwa pada Q1 terdapat beberapa sub kategori yang memiliki pertumbuhan yang tinggi di kategori beauty & care. 

Sunscreen menjadi produk yang paling pesat pertumbuhannya pada Q1 2024, hampir 2 kali lipat atau mencapai 99% ke level Rp424 miliar, di mana pada Q1 2023 hanya mencapai 213 miliar. 

Berdasarkan data tersebut, Compas.co.id menganalisa penyebab sub kategori sunscreen mengalami peningkatan yang cukup signifikan di Q1 2024. 

Menilik histori di tahun 2023, sub kategori ini memang sempat meningkat tajam pada Oktober 2023 dikarenakan heatwave. Dimana pada bulan tersebut nilai penjualan sunscreen mampu menembus ke angka dari Rp171 miliar dalam satu bulan, terpaut jauh jika dibandingkan pada Q1 tahun 2023 yang hanya mencapai sekitar Rp 70 miliar.

“Sedikit berbeda keadaannya pada Q1 2024, tidak ada fenomena offline yang drive pertumbuhan nilai penjualan sunscreen, namun terdapat beberapa brand yang mengalami  peningkatan penjualan sangat tajam, bahkan salah satu brand atau kita sebut brand x mengalami pertumbuhan hingga 1.860% pada Q1 2024 jika dibandingkan dengan Q1 2023 dari rata-rata nilai penjualan sekitar Rp 1 miliar, meroket hingga hampir menembus Rp 20 miliar per bulan,” ungkap Narendrata dalam rilis yang diterima Olenka, Sabtu (1/6/2024).

Baca Juga: IDI Beri Rekomendasi Jenis Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Intip Yuk!