Di tahun keempatnya, MG Motor Indonesia (MG) menorehkan angka penjualan yang meningkat signifikan dari tahun sebelumnya pada tahun 2024. Hingga pengujung tahun, MG berhasil mencatatkan angka penjualan lebih dari 4.000 unit. Angka ini mencerminkan peningkatan persentase yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya dengan kenaikan lebih dari 300%.

"Tahun 2024 menandai 100 tahun inovasi otomotif global MG dalam hal performa dan mobilitas. Membawa momentum perayaan hari jadi, kami memperkenalkan berbagai terobosan dan inovasi dari MG untuk meramaikan industri otomotif Indonesia di tahun keempat ini. Memegang semangat We Care, kami pun akan terus berkomitmen untuk berinovasi melalui lini produk terdepan serta meningkatkan layanan penjualan dan purna jual MG bagi konsumen Tanah Air," ungkap He Guowei, Chief Executive Officer MG Motor Indonesia, dikutip Senin (20/1/2025).

Baca Juga: Semester I/2024: Pembiayaan Baru Adira Finance di Segmen Non-Otomotif Naik 21%

Inovasi lini produk gencar dihadirkan MG di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2024 melalui berbagai segmen. Di awal tahun, MG meluncurkan versi completely knockdown (CKD) dua kendaraan listriknya, MG 4 EV dan MG ZS EV, yang diproduksi di dalam negeri dan memenuhi persyaratan TKDN yang ditetapkan oleh pemerintah. Di bulan Maret, MG menghadirkan produk kendaraan hybrid pertamanya di Indonesia, MG VS HEV. Peluncuran ini melengkapi eksistensi MG di berbagai segmen pasar otomotif Indonesia, baik kendaraan ICE, hybrid, hingga BEV.

Selanjutnya, MG melakukan gebrakan di ajang GIIAS 2024 melalui kehadiran roadster EV satu-satunya di dunia, MG Cyberster. Kendaraan listrik performa tinggi ini mengusung pengalaman berkendara yang menakjubkan dengan desain british sport car modern yang berkelas. Dengan motor listrik bertenaga lebih dari 530 PS dan torsi sebesar 725 Nm, roadster listrik ini bisa melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik saja. Kendaraan listrik berperforma tinggi ini juga mendapat tanggapan positif dari publik maupun pelanggan.

MG membawa inovasi lebih jauh dalam hal mobilitas berkelanjutan. Pada tahun 2024, MG menjalin kemitraan dengan Unified Advanced Battery System (UABS) Indonesia, sebuah perusahaan patungan antara produsen baterai global UABS Co. dan PT Agung Kentjana Abadi untuk memproduksi baterai kendaraan listrik MG secara lokal. Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung industri lokal, mendukung langkah pemerintah menuju transportasi yang lebih berkelanjutan, dan menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Target 2025

Selama 2024, MG membuka flagship dealer pertama di Indonesia yang berkonsep 3S (Sales, Service, Spare Parts) ditambah dengan fasilitas body & paint yang berlokasi di BSD City, Tangerang. Untuk makin mendekatkan diri dengan konsumen, MG juga membuka city store pertamanya di kawasan bisnis dan gaya hidup terkemuka di Jakarta, SCBD.

Pada tahun 2025, MG berencana untuk mendirikan lebih dari 80 outlet guna memperkuat layanan bagi pelanggan di Indonesia. "Pada tahun 2025, kami berkomitmen untuk berkontribusi lebih banyak bagi masyarakat, lingkungan, dan sesama," tutup He Guowei.

Dari sisi inovasi produk, tahun ini MG berencana mendatangkan beberapa lini produk lainnya di berbagai segmen. MG mempersiapkan produk SUV terbaru di segmen ICE, hybrid, dan BEV, serta berencana untuk memperkenalkan produk MPV keluarga pertamanya untuk pasar Indonesia.