Siapa yang tidak kenal Tomoro Coffee? Bisnis coffee shop ini memiliki 271 gerai per awal 2024. Bisnis ini mampu bersaing dengan usaha kopi lainnya di Indonesia, bahkah berencana membuka toko tanpa franchise. Lantas, siapakah sosok di balik coffee shop dengan logo kucing ini?

Adalah Xing Wei Yuan yang dikenal dengan nama Star Yuan, sosok di balik kesuksesan kedai kopi kekinian dengan slogan khasnya, yaitu ‘see you Tomoro’ ini. 

Star Yuan merupakan lulusan Business Administration National University, Singapura. Ia kemudian meneruskan gelar Executive Master of Business Administration di universitas yang sama.

Meskipun awalnya ragu-ragu untuk terjun ke bisnis kopi karena kurangnya pengalaman dalam mengembangkan perusahaan makanan dan minuman, hal itu tidak menghentikan langkahnya. 

Diketahui, sebelum terjun ke dunia kopi, Star Yuan telah mengukir prestasi sebagai Direktur Manajemen di OPPO pada tahun 2016. Salah satu prestasi gemilangnya adalah meningkatkan pangsa pasar OPPO di Indonesia dari 12% menjadi 46% di Kalimantan Barat dalam waktu kurang dari enam bulan.

Tak hanya itu, Star Yuan juga terlibat dalam pendirian perusahaan ekspedisi terkenal, J&T Express, yang menyediakan layanan pengiriman internasional. Kariernya terus berkembang ketika ia menjadi bagian dari tim Business Development di Imoo dari tahun 2018 hingga 2021. Imoo sendiri dikenal sebagai produsen Watch Phone yang ditujukan khusus untuk anak-anak. Namun, bisnis ini mengalami penurunan penjualan setelah adanya pandemi.

Setelah berbagai pengalaman dan prestasi yang diperolehnya, ia pun lantas mendapatkan keyakinan dari Fish Sun (yang saat ini menjabat Vice President Produk dan Rantai Pasokan Tomoro Coffee) untuk terjun ke dunia bisnis kopi.

Keduanya bertemu pada Januari 2022, tiga hari sebelum Tahun Baru Imlek. Star dengan jaringan perusahaan modal ventura yang dimilikinya tengah mempertimbangkan untuk membuka jaringan kopi di Asia Tenggara.

Lima hari kemudian, kemitraan tersebut diresmikan, Star dan Fish pergi ke Jakarta pada 11 April 2022 dan bersama mereka membuka kedai kopi Tomoro pertama pada 9 Agustus 2022.

Nama “Tomoro” sendiri terinspirasi dari kata “tomorrow“, yang berarti “besok”. Bagi Tomoro, ini lebih dari sekadar nama, melainkan harapan untuk merangkul kebaikan dan selalu bersemangat menatap masa depan. 

Inilah aspirasi utama Tomoro, yakni menyajikan secangkir kopi terbaik dengan sepenuh hati dan mengajak semua orang untuk berani mengikuti kata hati, merasakan hidup dengan penuh semangat, sambil terus menantikan hari esok yang lebih baik.

Strategi Ekspansi Kilat Tomoro Coffee

Kesuksesan Tomoro Coffee dalam berekspansi membuat masyarakat kagum dan penasaran, apa sih strategi mereka jalankan? Sebabnya, ada banyak 'senior' produk kopi di Indonesia, namun mengapa Tomoro Coffee bisa menguasai pasar secepat kilat?

Star Yuan menjalankan bisnis ini dengan penuh strategi. Ia tidak hanya ingin menawarkan menu espresso spesial klasik, tetapi juga beragam menu kopi setiap bulannya. Ia pun sangat cerdas menangkap segala peluang yang ada lewat momentum dan tren, serta berusaha merangkul pasar lokal dengan cara menonjolkan profil cita rasa tertentu. 

Nah, salah satu pendekatan yang Star Yuan jalankan adalah dari segi inovasi menu. Pendekatan Tomoro Coffee untuk berinovasi terinspirasi dari bisnis teh dan susu yang selalu memperbarui penawaran produk, resep, dan kombinasi rasa. 

Menurutnya, selama ini di antara bisnis kopi yang ada sering kali hanya menawarkan pergantian biji kopinya, tapi tidak banyak melakukan inovasi menu. Berbeda dengan bisnis susu dan teh yang terus melakukan inovasi rasa.

Melalui Tomoro Coffee, Star ingin mewujudkan tak hanya menawarkan menu espresso spesial klasik yang lezat, namun juga menawarkan kepada pelanggan menu minuman kopi yang lebih luas yang ditambahkan setiap bulannya.

Kedua, hal lain yang juga dijajaki Star Yuan adalah dengan inovasi penggunaan bahan lokal. Tomoro Coffee diketahui menggunakan bahan-bahan lokal untuk membuat minuman berbasis susu nabati. Sebagian besar bisnis kopi lain di Indonesia hanya menyajikan susu oat sebagai pengganti susu biasa.

Hal itu juga dilakukan Tomoro Coffee dengan mengolah susu oat sendiri dan mengembangkan seluruh menu terkait minuman tersebut.  Apa pun jenis produk susu atau alternatif susu yang digunakan merek tersebut, Star mengatakan bahwa dalam bisnis kopi menjaga kualitas dasar espressonya adalah yang terpenting.

Baca Juga: Cara Andanu Membangun Kopi Tuku : Prioritaskan Petani Ketimbang Ngotot Kejar Investor