Komitmen Shopee dalam Mendukung UMKM Lokal Lewat Harbolnas 2024 

Dalam semarak program Spesial Harbolnas, dua Penjual Shopee, Surmiyati (44), pemilik UMKM  fesyen muslim, Sayra Official, dan Kevin Naftali (30), pemilik dari jenama fesyen pria lokal, Kevas  Co Official turut memotivasi para pelaku UMKM melalui sesi bincang dan live shopping bersama  Menteri Perdagangan RI.  

“Saya senang sekali diundang Shopee untuk acara live shopping spesial Harbolnas 2024 hari ini.  Seru banget bisa mendapatkan kesempatan berbincang-bincang dengan Menteri Perdagangan,  ngobrol-ngobrol soal bisnis online, dan kampanye Harbolnas 2024 ini. Apalagi tadi Pak Menteri  langsung yang menjual produk kami ke penonton,” ungkap Surmiyati yang kini  memproduksi hingga 1.000 pcs khimar per minggu. 

“Harapannya di Harbolnas 2024 ini Sayra bisa  membantu pemerintah juga mencapai target seraya memotivasi teman-teman UMKM lain untuk  bersama-sama bisa mengembangkan bisnisnya melalui Shopee,” ungkap Surmiyati yang kini  memproduksi hingga 1.000 pcs khimar per minggu,” sambung Surmiyati.

Kevin Naftali mengungkapkan bahwa Harbolnas 2024 kali ini memang jadi momen yang sangat  penting bagi brand lokal untuk lebih dikenal dan memperluas pasar.

"Dengan berbagai program dan  promo yang dihadirkan oleh Shopee, termasuk diskon besar dan gratis ongkir, Harbolnas menjadi  peluang emas bagi brand lokal seperti Kevas Co dan Sayra untuk menjangkau lebih banyak  konsumen. Saya pribadi senang banget karena pemerintah, lewat Kementerian Perdagangan,  benar-benar mendukung pertumbuhan brand lokal kayak kita. Harapannya, dengan dukungan ini,  kita bisa capai target penjualan di Harbolnas 2024 ini,” ujar Kevin yang kini telah berhasil  mengekspor produknya ke Malaysia, Thailand, dan Brasil bersama Program Ekspor Shopee.

Selain sesi Live Shopping Harbolnas 2024, Menteri Perdagangan RI juga berkesempatan  mengunjungi Kampus UMKM Shopee Jakarta untuk melihat produk dari 50 UMKM lokal binaan  Shopee dan mendatangi Bazar UMKM.

Bazar ini diikuti oleh 8 UMKM bimbingan Kementerian  Perdagangan, termasuk Bawadi Coffee Official Jakarta, Peyek Sultan Official, Janji Jiwa,  ANNANINA, Tuscany Official, Tasca Official, Lseii Beaute, dan Prassa.ku Official.  

“Harbolnas di setiap tahunnya menjadi momen penting bagi Shopee khususnya untuk para pelaku  UMKM. Kegiatan ini bukan menjadi penutup akhir tahun, tetapi menjadi awal semangat Shopee dan  UMKM untuk dapat terus berkembang melalui ekosistem digital, yang juga diharapkan dapat  memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” tutup Christin. 

Baca Juga: Tingkatkan Sistem Keamanan Data Pelanggan, Shopee Perbarui Sertifikasi ISO 27001:2022