Shopee Indonesia mendukung terselenggaranya Hari Belanja Online  Nasional (Harbolnas) 12.12 tahun 2024 melalui rangkaian kegiatan spesial Mini Talkshow dan Live  Shopping melalui Shopee Live bersama Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Budi  Santoso. 

Acara ini turut menghadirkan dua UMKM lokal, yaitu Sayra Official dan Kevas Co Official  yang berbagi cerita serta tips bagi UMKM lainnya agar bisa memanfaatkan ekonomi digital yang  terus berkembang. 

Menteri Perdagangan RI, Budi Santoso, menekankan bahwa kampanye Harbolnas menjadi  momentum penting untuk mendorong perkembangan UMKM yang berkontribusi pada pertumbuhan  ekonomi nasional.

“Saya sangat mengapresiasi sinergi antara Kementerian Perdagangan dan  Shopee, yang diwujudkan melalui berbagai inisiatif, termasuk sesi live shopping spesial Harbolnas di  Shopee Live. Saya berharap kampanye ini dapat semakin memperkuat kepercayaan masyarakat  terhadap produk lokal dan mendongkrak penjualan para pelaku UMKM. Sebagaimana disampaikan  oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Bapak Airlangga Hartarto, target transaksi pada  Harbolnas 2024 adalah Rp40 triliun, naik 16% dibandingkan tahun 2023. Dengan demikian,  diharapkan target ini bisa terealisasi sehingga dapat berkontribusi bagi perekonomian Indonesia,” kata Budi. 

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto, yang turut mendampingi Menteri  Perdagangan, menjelaskan komitmen Shopee dalam mendukung UMKM melalui kegiatan Spesial  Harbolnas tahun 2024.

“Shopee secara aktif terus mendukung UMKM lokal agar dapat berkembang  dan berdaya saing. Komitmen ini kami wujudkan melalui berbagai program, salah satunya  kampanye Harbolnas 12.12 yang diselenggarakan setiap tahun, termasuk pelaksanaan Mini  Talkshow dan Live Shopping bersama Menteri Perdagangan, Bapak Budi Santoso dengan dua UMKM pada hari ini,” tutur Christin.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi lebih banyak UMKM untuk  memanfaatkan platform digital guna mengembangkan usaha mereka. Kami juga mengucapkan  terima kasih kepada Bapak Budi Santoso atas dukungan dan sinergi yang luar biasa dalam  menyukseskan kampanye Harbolnas 2024,” lanjut Christin. 

Baca Juga: Bisnis Meningkat Berkat Shopee Live, Brand Parfum Lokal Evangeline Bagikan Strategi Suksesnya

Komitmen Shopee dalam Mendukung UMKM Lokal Lewat Harbolnas 2024 

Dalam semarak program Spesial Harbolnas, dua Penjual Shopee, Surmiyati (44), pemilik UMKM  fesyen muslim, Sayra Official, dan Kevin Naftali (30), pemilik dari jenama fesyen pria lokal, Kevas  Co Official turut memotivasi para pelaku UMKM melalui sesi bincang dan live shopping bersama  Menteri Perdagangan RI.  

“Saya senang sekali diundang Shopee untuk acara live shopping spesial Harbolnas 2024 hari ini.  Seru banget bisa mendapatkan kesempatan berbincang-bincang dengan Menteri Perdagangan,  ngobrol-ngobrol soal bisnis online, dan kampanye Harbolnas 2024 ini. Apalagi tadi Pak Menteri  langsung yang menjual produk kami ke penonton,” ungkap Surmiyati yang kini  memproduksi hingga 1.000 pcs khimar per minggu. 

“Harapannya di Harbolnas 2024 ini Sayra bisa  membantu pemerintah juga mencapai target seraya memotivasi teman-teman UMKM lain untuk  bersama-sama bisa mengembangkan bisnisnya melalui Shopee,” ungkap Surmiyati yang kini  memproduksi hingga 1.000 pcs khimar per minggu,” sambung Surmiyati.

Kevin Naftali mengungkapkan bahwa Harbolnas 2024 kali ini memang jadi momen yang sangat  penting bagi brand lokal untuk lebih dikenal dan memperluas pasar.

"Dengan berbagai program dan  promo yang dihadirkan oleh Shopee, termasuk diskon besar dan gratis ongkir, Harbolnas menjadi  peluang emas bagi brand lokal seperti Kevas Co dan Sayra untuk menjangkau lebih banyak  konsumen. Saya pribadi senang banget karena pemerintah, lewat Kementerian Perdagangan,  benar-benar mendukung pertumbuhan brand lokal kayak kita. Harapannya, dengan dukungan ini,  kita bisa capai target penjualan di Harbolnas 2024 ini,” ujar Kevin yang kini telah berhasil  mengekspor produknya ke Malaysia, Thailand, dan Brasil bersama Program Ekspor Shopee.

Selain sesi Live Shopping Harbolnas 2024, Menteri Perdagangan RI juga berkesempatan  mengunjungi Kampus UMKM Shopee Jakarta untuk melihat produk dari 50 UMKM lokal binaan  Shopee dan mendatangi Bazar UMKM.

Bazar ini diikuti oleh 8 UMKM bimbingan Kementerian  Perdagangan, termasuk Bawadi Coffee Official Jakarta, Peyek Sultan Official, Janji Jiwa,  ANNANINA, Tuscany Official, Tasca Official, Lseii Beaute, dan Prassa.ku Official.  

“Harbolnas di setiap tahunnya menjadi momen penting bagi Shopee khususnya untuk para pelaku  UMKM. Kegiatan ini bukan menjadi penutup akhir tahun, tetapi menjadi awal semangat Shopee dan  UMKM untuk dapat terus berkembang melalui ekosistem digital, yang juga diharapkan dapat  memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” tutup Christin. 

Baca Juga: Tingkatkan Sistem Keamanan Data Pelanggan, Shopee Perbarui Sertifikasi ISO 27001:2022