“89% dari industri kecil dan menengah, dan diperkirakan akan terus tumbuh sekitar 4,02% setiap tahun, dengan komposisi terbesar yang masih didominasi segmen personal care,” tutur Faisol Rizal.

Menurut Faisol Rizal, salah satu kunci sukses industri kecantikan terletak pada meningkatnya kesadaran perawatan kulit di kalangan pria. Saat ini, produk skincare tidak lagi hanya diidentikkan dengan wanita, tetapi juga semakin diminati oleh pria yang melek akan pentingnya menjaga kesehatan kulit.

“Kecantikan bukan hanya milik kaum wanita. Sekarang banyak pria yang menggunakan produk-produk skincare yang luar biasa. Dan rupanya ini menjadi kunci dari suksesnya industri kosmetik, produk skincare,” kata Faisol Rizal.

Baca Juga: Gelaran Beauty Science Tech Event Powered oleh ParagonCorp, Hadirkan Berbagai Beauty-Experience

Dengan kondisi tersebut, pemerintah optimis bahwa pertumbuhan industri kecantikan nasional akan terus meningkat, seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap produk kecantikan dan perkembangan ekonomi di sektor ini.

Lanjut Faisol Rizal, industri kecantikan saat ini juga harus bisa beradaptasi dengan teknologi modern. Selain itu, menurutnya, para pelaku usaha pada sektor ini juga harus bisa menerapkan green industry agar bisa mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. 

“Kami mengapresiasi para perusahaan yang telah berkomitmen pada penguatan R&D di bisnisnya karena ini akan menciptakan inovasi. Pemerintah tentunya memiliki fasilitas insentif atas upaya tersebut,” imbuhnya.