Sejak 13 tahun terakhir, Ideafest telah hadir sebagai platform yang terus menjadi enabler bagi pelaku usaha di industri kreatif untuk berdiskusi, mengembangkan ide, dan berkolaborasi. Turut mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Tanah Air, Ideafest 2024 kembali dihadirkan dengan mengusung tema yang sarat akan makna.
“i” menjadi tema yang diusung Ideafest di tahun ini. Di mana, huruf “i” merepresentasikan setiap individu yang memiliki makna, ide, inovasi, dan integritas, serta menjadi penggerak pertumbuhan dan pemahaman kolektif.
Ideafest 2024 menghadirkan lebih dari 400 pembicara nasional dan internasional yang terbagi ke dalam 160 sesi pada rangkaian acara yang berlangsung mulai dari 27-29 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Menariknya, di tahun ini sebanyak 67 persen pembicara di antaranya adalah wajah baru dan pertama kali bergabung untuk memberikan insight yang fresh di Ideafest 2024.
“Selama 10 tahun terakhir, kita melihat investasi besar di industri teknologi yang berdampak tidak hanya pada sektor tech-industry, tetapi juga pada industri film, musik, hiburan, dan konten. Kita juga melihat kolaborasi besar yang kita rasakan 10 tahun ini adalah teknologi, yang sudah sangat berubah terutama social media dan banyaknya digital platform yang membuat para creator ataupun anak muda kreatif ini bisa meng-create sebuah ekonomi baru melalui industri kreatif,” ujar Co-Chair IdeaFest 2024, Ben Soebiakto, dalam agenda press conference Idea Fest 2024 di JCC Senayan, Jumat (27/9/2024).
Baca Juga: Daftar 400+ Pembicara Internasional dan Nasional yang Akan Hadir di IdeaFest 2024
“Jadi itulah yang menjadi sebuah highlight kenapa ada 500 lebih pembicara, kenapa ada 160 sesi, segitu banyaknya topik-topik dan opportunity yang ada di industri kreatif, yang menurut saya dalam 3 hari ini akan ada energi-energi baru yang saya harapkan, kita semua bisa meng-capture, kita bisa terinspirasi, dan kita membuat pergerakan-pergerakan baru untuk Indonesia,” tambahnya.
Ideafest 2024 menghadirkan rangkaian inovasi baru dalam penyelenggaraannya. Salah satunya adalah IdeaFest X, program kolaboratif yang menghadirkan beragam aktivitas menarik seperti workshop, live podcast, dan performance yang telah dikuratori secara khusus oleh Braintrust IdeaFest.
Program IdeaFest X tidak hanya memberikan pengalaman baru dan unik bagi setiap individu, tetapi juga menjadi wadah bagi mereka untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif dan mengasah keterampilan.
“Ada insight-insight dan practical, yang biasanya hadir dari diskusi. Kemudian kita juga siapkan sebuah framework, yang mereka bisa langsung praktekin on the spot. Nah, itu serunya IdeaFest X, kita sebagai IP diberikan kesempatan untuk explore format yang mungkin slightly different, dengan cara kita sendiri, interpretasi kita sendiri, untuk nyamping ide menjadi reality," ungkap Fellexandro Ruby, Creator & Host Thirty Days of Lunch sekaligus IdeaFest X Collaborator, dalam kesempatan yang sama.
Baca Juga: Masuki Tahun ke-13, IdeaFest 2024 Siap Digelar September Mendatang
“Adapting to changes, yang sebelumnya kreatif workshop sekarang menjadi IdeaFest X, yang bentuknya sudah lebih seru lagi,” imbuhnya.
Selama tiga hari, IdeaFest 2024 akan menyajikan berbagai program menarik seperti IdeaTalks, IdeaFest X, IdeaFriends Forum, IdeaFest Night, Experiential Expo, Creative Market & Food Market oleh Semasa, hingga IP & Content Expo.
Dalam Creative & Food Market, IdeaFest berkolaborasi dengan Semasa untuk menggelar bazar dengan lebih dari 225+ brand yang terdiri dari berbagai produk, mulai dari art, aksesori, perhiasan, fashion, kecantikan dan parfum, rumah & gaya hidup, eco brand, serta makanan dan minuman.