PT Ernst and Young Digital Solutions (EYDS) secara resmi mengakuisisi bisnis dan aset milik PT Kreatif Dinamika Integrasi (Kreatif), penyedia layanan Microsoft di Indonesia. Efektif mulai tanggal 28 Februari 2025, akuisisi ini menandai langkah signifikan dalam perjalanan pertumbuhan EYDS, meningkatkan keunggulan kompetitifnya sekaligus memperluas kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan transformasi klien.
EYDS akan memperkuat penawaran layanan Microsoft dengan fokus khusus pada Microsoft Azure, Microsoft Dynamics 365 Enterprise Resource Planning (ERP), dan Microsoft Dynamics 365 Customer Relationship Management (CRM). Setelah akuisisi, tiga pendiri Kreatif akan bergabung dengan EYDS dengan 2 orang bergabung sebagai partner dan 1 sebagai direktur eksekutif, bersama 111 profesional yang akan berintegrasi ke dalam tim EYDS Technology Consulting.
Baca Juga: Hankook & Company Group Akuisisi Hanon Systems
"Pertumbuhan ini mencerminkan komitmen teguh kami untuk membantu memberikan kualitas dan inovasi dalam layanan kami. Sebagai Center of Excellence untuk layanan teknologi, kami siap memimpin dalam menyediakan solusi terdepan, mendorong inisiatif digital transformatif, dan menetapkan tolok ukur baru di seluruh industri," ujar Galib Machri, Partner, PT Ernst and Young Digital Solutions (EYDS), dikutip Kamis (6/3/2025).
Dengan akuisisi ini, EYDS mengumumkan pendirian Center of Excellence (CoE) untuk solusi teknologi. CoE dirancang secara strategis untuk mendukung isu-isu seperti:
- Kompleksitas Integrasi: Membantu memaksimalkan integrasi sistem baru dengan infrastruktur yang ada;
- Tantangan Skalabilitas: Menerapkan solusi terukur yang berkembang seiring dengan kebutuhan organisasi;
- Manajemen Perubahan: Membantu karyawan dan pimpinan beradaptasi dengan alat dan alur kerja digital baru;
- Bantuan untuk Mengoptimalkan Sistem ERP/CRM: Menyesuaikan solusi untuk memaksimalkan nilai dan efisiensi operasional;
- Platform Data, Keamanan dan Tata Kelola: Membantu mengimplementasikan platform data dan AI yang skalabel dengan langkah-langkah keamanan dan kerangka kepatuhan yang kuat;
- Pengalaman Lokal: Menyesuaikan solusi global agar selaras dengan peraturan regional dan praktik bisnis di ASEAN.
CoE berfokus pada penyediaan solusi dan layanan tingkat lanjut, termasuk:
- Migrasi dan optimasi Cloud: Mendukung organisasi dalam mengadopsi dan mengoptimalkan layanan Microsoft Azure;
- Pengalaman Microsoft Dynamics 365: Pengetahuan dalam sistem ERP dan CRM untuk transformasi perusahaan;
- Data dan analisis: Memanfaatkan AI dan analisis untuk memperoleh wawasan yang dapat ditindaklanjuti;
- Pengembangan aplikasi kustom: Membangun aplikasi yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang unik;
- Pelatihan dan pemberdayaan: Memberikan dukungan berkelanjutan untuk memberdayakan tim internal melalui transfer pengetahuan;
- Dukungan proyek end-to-end: Dari strategi dan perencanaan hingga pelaksanaan dan pemeliharaan.
Gaurav Modi, EY Asean Consulting Leader, menyatakan bahwa pembentukan CoE tidak hanya meningkatkan keunggulan kompetitif jaringan EY di kawasan ini, tetapi juga membantu dunia usaha di berbagai industri mendorong transformasi yang efisien dan inovatif. Hal ini sejalan dengan komitmen jaringan EY untuk membantu memberikan solusi yang terukur dan berfokus pada klien sekaligus mendorong kemampuan lokal dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan ASEAN.
"Selama beberapa tahun terakhir, EY Consulting telah mengalami pertumbuhan pesat di ASEAN, khususnya dalam transformasi digital, inovasi, data dan AI, serta keamanan siber. Indonesia telah menjadi salah satu wilayah dengan pertumbuhan tertinggi di ASEAN untuk EY Consulting, dan akuisisi ini menambah kemampuan tambahan untuk tidak hanya melayani pasar lokal, tetapi juga bertindak sebagai Center of Excellence untuk mendukung seluruh jaringan EY di ASEAN," pungkasnya.