PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengumumkan kemitraan strategis dengan 6Estates Pte Ltd (6Estates), perusahaan spesialis kecerdasan buatan untuk bisnis asal Singapura, untuk mendukung inovasi dalam penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) dalam pemrosesan kredit. Kemitraan ini akan memiliki peran penting dalam transformasi digital Danamon serta mendukung strategi inovasi yang dimiliki oleh grup MUFG sebagai induk perusahaan Danamon.

Jin Yoshida, Direktur Global Alliance Strategy Danamon, menjelaskan bahwa pihaknya kini sedang menjalankan transformasi digital yang akan menjadi landasan untuk terus menghadirkan nilai bagi nasabah dan mitra. Teknologi domain-specific large language model AI yang dikembangkan 6Estates, jelasnya, akan memungkinkan Danamon untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi operasional dalam bisnis kredit.

Baca Juga: Danamon Catatkan Laba Bersih Kuartal Pertama 2025 Sebesar Rp757 Miliar

"Pada saat yang sama, mendukung pencapaian visi bersama dengan MUFG untuk mendorong digitalisasi dan inklusi keuangan di seluruh Indonesia," jelasnya, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dikutip Senin (12/5/2025).

Dr. Luan Huanbo, Chief Executive Officer 6Estates, menjelaskan, "Kami bangga dapat mendukung Danamon menyediakan otomasi yang menghasilkan dampak yang nyata dan terukur. Solusi AI kami dikembangkan secara khusus untuk institusi keuangan dan telah berhasil digunakan di kawasan Asia untuk mendukung bank dan kreditur lainnya mengambil keputusan yang lebih cepat dengan skala yang lebih besar, dan lebih cerdas. Di luar otomasi ini, model GenAI kami memberikan pemahaman resiko mendalam—dari deteksi fraud dan analisis arus kas sampai konsolidasi multi-account dan rekonstruksi laporan laba rugi—menghasilkan keputusan kredit yang lebih kuat dan pasti."

Pada tahap awal dari kolaborasi Danamon dengan 6Estates, Danamon memanfaatkan platform finance-as-a-service (FAAS) 6Estates yang memanfaatkan AI untuk mengotomasi proses analisis rekening koran, termasuk mengidentifikasi indikasi fraud, dengan cara yang aman. Dalam fase awal implementasi kemitraan ini, Danamon telah memanfaatkan solusi 6Estates untuk memproses rata-rata lebih dari 70.000 halaman dokumentasi kredit setiap bulannya untuk mendukung bisnis Consumer Banking, SME Banking, dan Enterprise Banking.

Di luar otomasi yang digunakan oleh Danamon, solusi GenAI milik 6Estates memiliki kapabilitas asesmen risiko yang komprehensif. Di antara fitur lanjutan yang termasuk adalah analisis laporan arus kas, evaluasi hubungan pembeli-penjual, konsolidasi multi-account dan multi-currency, analisis kemampuan membayar, dan indikator peringatan dini. Solusinya juga dapat menghasilkan memo dan laporan laba rugi yang disesuaikan, memberikan pemahaman mendalam dan dapat ditindaklanjuti untuk penilaian kredit.

Penggunaan solusi 6Estates meningkatkan kecepatan dan akurasi pemrosesan data Danamon, serta memberikan informasi analitis yang lebih mendalam dalam operasional kredit Danamon dengan akurasi ekstraksi data dari rekening koran lebih dari 99%. Efisiensi operasional ini diharapkan dapat memperpendek waktu pemrosesan, meningkatkan kualitas dan akurasi penilaian kredit, serta meningkatkan kualitas layanan bagi nasabah, sambil pada saat yang bersamaan, tetap memastikan kepatuhan kepada peraturan yang berlaku serta menjaga keamanan data perbankan.

Kemitraan dengan 6Estates menegaskan prioritas Danamon dalam melakukan transformasi digital, khususnya melalui investasi dalam infrastruktur teknologi informasi yang fundamental untuk meningkatkan efisiensi operasional. Sebagai bagian dari prioritas strategis jangka menengah 2024-2026, Danamon mengedepankan pemanfaatan analitik data dan peningkatan proses internal untuk mendukung pertumbuhan bisnis Danamon secara berkelanjutan sekaligus mempertahankan Danamon sebagai salah satu bank umum terbesar di Indonesia.