Growthmates pecinta makanan cepat saji, pastinya sudah gak asing dengan brand D'Kriuk Fried Chicken. Di bawah payung PT Raja Rasa Kuliner, merek franchise ini berhasil dikenal masyarakat luas dan menjadi salah satu pemain utama di industri kuliner Tanah Air.
Iksan Juhansyah adalah sosok di balik kesuksesan D'Kriuk. Berkat tangan dinginnya, bisnis ayam goreng tepung ini berhasil dikenal dengan cita rasa unik dan inovatif hingga meraih popularitas dan penghargaan yang luar biasa.
Lantas, seperti apa sosok Iksan Juhansyah? Berikut ini Olenka rangkum dari berbagai sumber sejumlah informasi terkait, Selasa (22/7/2025).
Baca Juga: Sosok dan Perjalanan Karier Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi
Pernah Jadi Office Boy (OB)
Mungkin, tak banyak yang tahu kalau Iksan pernah menjadi Office Boy (OB) di sebuah apartemen pada 2014. Profesi itu dijalankannya saat awal merintis bisnis ayam goreng dan mengalami jatuh-bangun yang luar biasa, hingga membuatnya sempat menyerah.
Iksan menjalani pekerjaannya tersebut selama enam bulan. Bukan hanya OB, ia juga pernah banting setir menjual pisang cokelat. Bahkan, ia sempat bekerja menjadi sales di sebuah perusahaan swasta, sembari berjualan pisang goreng dan menjadi pengemudi ojek online.
Kala itu, pekerjaan apapun di jalankannya demi dapur tetap ngebul. Asal halal, demi anak istrinya bisa makan.
Bisnis Ayam Goreng Tepung
Awal mula Iksan terjun ke industri kuliner, setelah mendapat penawaran dari sosok Pak Haji yang mengajaknya berbisnis ayam goreng tepung pada 2011. Kala itu, ia dilibatkan untuk melakukan penelitian terkait resep bumbu ayam goreng tepungnya.
Sayang, perjalanan mereka merintis usaha bersama tak berbuah manis. Hingga akhirnya, Iksan memutuskan berhenti lantaran penghasilan yang didapat dari penjualan 1-2 ayam goreng setiap hari, tak cukup untuk penuhi kebutuhan anak dan istri.
Baca Juga: Mengenal Sosok Jacob Soetoyo, Tokoh Penting dalam Gesit Group di Balik Hotel JS Luwana
Singkat cerita, Pak Haji kembali menghubungi Iksan pada akhir 2015 dan mengajaknya kembali bergabung. Ia pun menyetujui dan ditugaskan untuk bekerja di pemotongan ayam di Cigombong, Jawa Barat.
Setelah satu tahun bekerja di bagian pemotongan, Iksan kembali ditarik untuk ikut mengembangkan bisnis D'Kriuk dan ditunjuk sebagai CEO. Usai banyak melewati berbagai tantangan bisnis, merek ayam tepung ini pun akhirnya menunjukkan performanya pada 2019.
Saat itu, bersama Pak Haji, Iksan pun mendaftarkan usahanya menjadi PT, dan memulai bisnis dengan skema kemitraan.
Iksan pun terus menunjukkan performanya sebagai CEO. Di bawah komandonya, ia berhasil membawa D'Kriuk memiliki mitra yang terus bertambah 20-50 setiap bulannya. Dalam sejumlah sumber disebutkan, merek franchise ini berhasil membuka hingga 4.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia per 2024.
Berkat segala pencapaiannya, D'Kriuk berhasil mendapatkan berbagai penghargaan dan sertifikat bergengsi. Di antaranya adalah No. 1 The Best Franchise Award 2022 dan Most Innovative Brand Award 2022.
Keren banget ya, Growthmates!