Growthmates, event IdeaFest 2024 baru saja digelar. Acara yang mengundang para entrepreneur dan pegiat industri kreatif untuk berdiskusi bersama dengan para pembicara inspiratif ini telah digelar selama tiga hari di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, 27-29 September 2024 lalu.
Adapun, IdeaFest 2024 pun menyajikan berbagai program menarik seperti IdeaTalks, IdeaFest X, IdeaFriends Forum, IdeaFest Night, Experiential Expo, Creative Market & Food Market oleh Semasa, hingga IP & Content Expo.
Telah berlangsung selama 13 tahun setiap tahunnya, berdasarkan hasil survey British Council tentang event festival di Indonesia, IdeaFest juga menjadi salah satu dari 31,03% festival di Indonesia yang telah bertahan lama lebih dari 10 tahun menjadi bagian kultural dalam masyarakat.
Ketika ditanya seputar tantangan industri kreatif masa kini, Co-Chair IdeaFest 2024, Ben Soebiakto, mengatakan bahwa setiap tahun, tantangan di industri ini berbeda-beda. Ia pun mengaku, cukup merasakan pergerakan dari industri kreatif yang cukup dinamikanya luar biasa specially dari 10 tahun terakhir.
Baca Juga: IDEAFEST 2024: Usung Tema Sarat Akan Makna hingga Hadirkan Inovasi IdeaFest X
“Kita cukup lumayan merasakan pergerakan dari industri kreatif yang cukup dinamikanya luar biasa, specially dari 10 tahun terakhir, meskipun kita mungkin paham kira-kira di 1-2 tahun terakhir ini kita juga melihat adanya gelombang yang luar biasa dari industri teknologi yang agak berguguran sehingga kita semua saatnya melihat kembali ide-ide baru gitu,” tutur Ben, saat menjadi pembicara di sesi IdeaFest, di jakarta, baru-baru ini.
Ben memaparkan, IdeaFest sendiri lahir 13 tahun lalu, berbarengan dengan dimulainya industri teknologi yang kian berkembang sampai hari ini, seperti adanya GoTo, Tokopedia, dan lain sebagainya. Karena hal itu, Ben pun merasa IDeaFest telah jadi saksi pasang-surut industri kreatif dan teknologi Tanah Air.
“Saat IdeaFest lahir 13 tahun lalu, kebetulan tahun 2011, itu berbarengan dengan dimulainya industri teknologi yang membuat kita semua berkembang sampai hari ini adanya GoTo, adanya Tokopedia dan sebagainya. Sehingga saya pikir ini menjadi apa ya, 13 tahun ini menjadi angka yang cukup panjang untuk melihat sudah lewat satu dekade kita menyaksikan perkembangan industri kreatif,” papar Ben.
Perjalanannya membawa IdeaFest hingga sekarang, diakui Ben, dilaluinya bukan tanpa tantangan. Menurutnya, perkembangan industri kreatif di Indonesia sendiri penuh dengan gejolak. Namun, ia optimis IdeaFest bisa terus secara aktif berkontribusi dalam pengembangan ekosistem ekonomi kreatif yang dinamis.
“Perjalanan kita sendiri penuh dengan gejolak, ya. Sebenarnya, menurut saya sebuah industri yang juga harusnya berjalan bersama dengan pemerintah karena biar bagaimanapun ini adalah industri yang berbasis ide. Jadi bagaimana kita bisa berkolaborasi itu adalah kunci atau keyword yang selalu dipakai sama IdeaFest,” tutur Ben.
Baca Juga: IdeaFest 2024 Jadi Enabler Kreativitas Anak Bangsa