APRW Pte Ltd (APRW), salah satu firma komunikasi terintegrasi tertua dan terbesar di Singapura, mengumumkan perluasan portofolio kliennya di Indonesia serta pembukaan kantor operasional pertama di Jakarta. APRW pertama kali melebarkan sayapnya ke Indonesia pada tahun 2020 dengan dukungan Enterprise Singapore, menjadikan Indonesia sebagai pasar internasional pertama bagi firma tersebut.
APRW sudah mewakili klien dari berbagai sektor industri di Indonesia, termasuk RedDoorz, Muslim Pro, dan WebEngage. Pada Oktober 2024, setelah empat tahun beroperasi di Indonesia, APRW resmi membuka kantor fisiknya di Jakarta.
Baca Juga: KAI Logistik Dorong Pertumbuhan Kewirausahaan Melalui Program Kemitraan Gerai
"Perjalanan ekspansi kami di Indonesia sangat memuaskan sekaligus penuh tantangan. Kami bangga dengan perkembangan tim dan bisnis kami sejak masuk ke pasar ini pada tahun 2020 di tengah pandemi global. Kami berterima kasih kepada mitra kami atas dukungannya serta klien kami yang telah mempercayai kami untuk membangun eksistensi brand mereka," ujar Anu Gupta, Director APRW, dikutip JUmat (20/12/2024).
Ferry Prihardi, Assistant Manager APRW Indonesia, menambahkan bahwa pembukaan kantor operasional di Jakarta menandai awal dari perjalanan APRW ke depan, "Kami berkomitmen untuk terus tumbuh dan menjajaki lebih banyak peluang bersama klien di Indonesia."
Sebagai mitra RedDoorz, APRW mendukung upaya dalam membangun citra perusahaan ini yang menjadi inovasi terdepan di industri perhotelan Indonesia sejak berhasil masuk pasar ini pada tahun 2015. RedDoorz menawarkan penginapan terjangkau dan terpercaya bagi wisatawan.
Untuk Muslim Pro, aplikasi gaya hidup Muslim global berbasis di Singapura yang menyediakan waktu salat akurat, Al-Qur'an, dan fitur lainnya, APRW fokus meningkatkan kehadiran mereknya di kalangan komunitas Muslim Indonesia yang sangat melek dengan digitalisasi dan sekaligus merupakan salah satu pasar konsumen terbesar Muslim Pro.
APRW juga ditunjuk oleh WebEngage, platform teknologi pemasaran terkemuka asal India, untuk mendorong ekspansi dan pertumbuhannya di Indonesia. APRW akan membantu memosisikan WebEngage sebagai penyedia solusi utama dalam customer engagement dan retention, sekaligus memberdayakan upaya pemasaran di Indonesia dengan perangkat dan sistem yang canggih, untuk menciptakan kampanye yang personal dan berdampak.
Sejak 2022, APRW telah menjadi Anggota Korporasi Singapore Chamber of Commerce Indonesia (SCCI) dan aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan SCCI. Sebagai satu-satunya kamar dagang yang mewakili komunitas bisnis Singapura di Indonesia, SCCI memainkan peran penting dalam menjembatani hubungan antara komunitas bisnis Singapura dengan pemerintah kedua negara.
Shoeb Kagda, Chairman SCCI, mengatakan, "Kami senang melihat makin banyak perusahaan Singapura, seperti APRW, dapat tumbuh dan berkembang sangat pesat di pasar yang dinamis seperti Indonesia. Selain fokus pada startup teknologi dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia juga menawarkan peluang besar bagi UKM Singapura untuk berkembang."
"Di sisi lain, kami juga melihat banyak perusahaan Indonesia dari berbagai sektor, seperti ritel, energi, dan properti, mulai menjajaki pasar global. Sebagai kamar dagang, tujuan kami adalah mendorong pertukaran antara bisnis Singapura dan Indonesia, serta mendukung pertumbuhan para anggota kami," tambah Shoeb.