Belanja online menjadi salah satu aktivitas yang hingga saat ini semakin digemari oleh masyarakat. Bahkan, pengalaman belanja masyarakat lewat e-commerce dinilai semakin meningkat sejak hadirnya Artificial Intelligence (AI). Sebagaimana yang diungkap dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Lazada.
Lazada bersama Kantar melakukan sebuah riset,“Artifical Intelligence Adoption in eCommerce in SEA”, di mana menunjukkan mayoritas masyarakat Indonesia yang mengandalkan rekomendasi chatbot AI saat belanja online.
Dalam hasil riset tersebut menunjukkan, 53% masyarakat Indonesia merasa AI meningkatkan pengalaman belanja, dan 96% percaya AI mampu merekomendasikan produk yang paling relevan bagi mereka. Laporan yang sama juga menunjukkan bahwa masyarakat telah menggunakan berbagai fitur berbasis AI, dengan 54% mengaku telah familiar dengan fitur chatbot berbasis AI.
Baca Juga: Rayakan Harbolnas, Lazada Percepat Hadirnya '12.12 Promo Habis-Habisan'
Tak bisa dipungkiri bahwa fitur chatbot AI merupakan fitur kunci untuk membantu pelanggan memilih hadiah akhir tahun yang diinginkan. Apalagi pada momentum spesial seperti Natal dan Tahun Baru yang selalu menjadi waktu yang pas untuk bertukar atau memberikan hadiah.
Yuk, simak beberapa tips di bawah untuk manfaatkan fitur AI untuk belanja online yang lebih cerdas.
1. Cari Inspirasi dengan Bantuan Chatbot AI
Kamu pernah merasa butuh suatu barang tapi lupa namanya? Serahkan pada AI! Di aplikasi Lazada, kamu bisa pakai AI Lazzie melalui fitur Pesan+ yang siap jadi asisten belanja pribadimu.
Cukup deskripsikan saja produk yang kamu bayangkan dan biarkan AI Lazzie membantu kamu untuk temukan barang impianmu. Sekarang, kamu bisa cari inspirasi, sekaligus mendapatkan barang yang kamu inginkan hanya di satu aplikasi saja!