Belanja online menjadi salah satu aktivitas yang hingga saat ini semakin digemari oleh masyarakat. Bahkan, pengalaman belanja masyarakat lewat e-commerce dinilai semakin meningkat sejak hadirnya Artificial Intelligence (AI). Sebagaimana yang diungkap dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Lazada.
Lazada bersama Kantar melakukan sebuah riset,“Artifical Intelligence Adoption in eCommerce in SEA”, di mana menunjukkan mayoritas masyarakat Indonesia yang mengandalkan rekomendasi chatbot AI saat belanja online.
Dalam hasil riset tersebut menunjukkan, 53% masyarakat Indonesia merasa AI meningkatkan pengalaman belanja, dan 96% percaya AI mampu merekomendasikan produk yang paling relevan bagi mereka. Laporan yang sama juga menunjukkan bahwa masyarakat telah menggunakan berbagai fitur berbasis AI, dengan 54% mengaku telah familiar dengan fitur chatbot berbasis AI.
Baca Juga: Rayakan Harbolnas, Lazada Percepat Hadirnya '12.12 Promo Habis-Habisan'
Tak bisa dipungkiri bahwa fitur chatbot AI merupakan fitur kunci untuk membantu pelanggan memilih hadiah akhir tahun yang diinginkan. Apalagi pada momentum spesial seperti Natal dan Tahun Baru yang selalu menjadi waktu yang pas untuk bertukar atau memberikan hadiah.
Yuk, simak beberapa tips di bawah untuk manfaatkan fitur AI untuk belanja online yang lebih cerdas.
1. Cari Inspirasi dengan Bantuan Chatbot AI
Kamu pernah merasa butuh suatu barang tapi lupa namanya? Serahkan pada AI! Di aplikasi Lazada, kamu bisa pakai AI Lazzie melalui fitur Pesan+ yang siap jadi asisten belanja pribadimu.
Cukup deskripsikan saja produk yang kamu bayangkan dan biarkan AI Lazzie membantu kamu untuk temukan barang impianmu. Sekarang, kamu bisa cari inspirasi, sekaligus mendapatkan barang yang kamu inginkan hanya di satu aplikasi saja!
2. Tulis Deskripsi yang Spesifik untuk Hadiah yang Lebih Personal
Bosan ngasih kado Natal yang itu-itu aja? Coba tanya AI Lazzie untuk rekomendasi hadiah yang lebih personal dan berkesan buat orang-orang tersayangmu. Misalnya, kamu bisa ketik “kado Natal anak laki-laki 10 tahun yang suka main game” atau “hadiah untuk pasangan yang populer”.
AI Lazzie di Pesan+ akan memberikan berbagai rekomendasi produk yang sesuai dengan kriteria yang kamu sebutkan. Semakin spesifik, semakin jitu rekomendasinya!
3. Terus Tanya dan Kasih Prompt Baru!
Kalau rekomendasi yang diberikan AI belum sesuai dengan yang kamu harapkan, jangan ragu untuk memberikan prompt atau deskripsi baru yang lebih jelas. Seperti AI pada umumnya, AI Lazzie juga terus belajar dan berkembang berkat input dari pengguna. Karenanya, kontribusi kamu sangat berharga untuk meningkatkan kemampuannya.
Misalnya, kamu butuh lebih banyak informasi tentang “rekomendasi sepatu wanita”, kamu bisa tambahkan kata kunci lain, seperti “sepatu olahraga wanita terbaik” atau “sepatu pesta di bawah Rp300 ribu”. Semakin banyak input yang kamu berikan, makin mudah juga AI Lazzie menemukan barang yang kamu inginkan!
Baca Juga: Perbarui AI Lazzie, Lazada Hadirkan Solusi Belanja Online Lebih Cerdas dan Cepat
4. Pantau Promo dan Diskon Kilat!
Tidak hanya memberikan kamu rekomendasi produk yang lebih personal, AI Lazzie melalui Pesan+ juga akan ingetin berbagai penawaran menarik, termasuk diskon-diskon kilat yang bisa kamu pakai. Jadi, kamu nggak perlu FOMO (Fear of Missing Out) kehilangan kesempatan untuk dapetin harga terbaik.
Biar nggak ketinggalan flash sale dan diskon dadakan, jangan lupa aktifkan notifikasi dari aplikasi Lazada juga, ya!
5. Gak Cocok sama Produknya? Coba Fitur Return & Refund
Meski sudah pastikan deskripsi produk, penilaian toko, sampai ulasan pelanggan, kadang kala produk yang datang tidak sesuai dengan yang ekspektasi. Tapi, jangan panik! Kamu bisa manfaatkan fitur Return & Refund Lazada untuk mengembalikan barang yang sudah kamu beli.
Jangan lupa, asisten belanja pribadimu, AI Lazzie, juga bisa bantu kamu untuk menavigasi proses pengembalian barangmu sampai selesai lewat Pesan+!
Penerimaan masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap inovasi teknologi, khususnya AI, membuka kesempatan yang luas bagi pengembangan dan penerapannya di berbagai sektor. Lazada, sebagai salah satu platform eCommerce terdepan di Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi AI untuk memberikan pengalaman belanja terbaik bagi pelanggan.
“Lazada berkomitmen untuk terus berinovasi dengan teknologi terkini, termasuk AI dan GenAI. Inovasi ini untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang tidak hanya nyaman, tetapi juga lebih personal dan bermakna bagi pelanggan kami, khususnya di momen-momen spesial seperti Natal dan Tahun Baru,” jelas Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, dalam rilis yang diterima Olenka, Selasa (24/12/2024).
Momentum liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendorong peningkatan aktivitas belanja daring, dengan masyarakat berbondong-bondong mencari hadiah natal hingga barang-barang untuk menyongsong tahun baru.
Menyambut peningkatan minat belanja online ini, platform eCommerce terus berinovasi untuk mengoptimalkan pengalaman belanja pelanggan. Tak hanya pesta diskon, platform eCommerce, termasuk Lazada juga menawarkan berbagai layanan berbasis teknologi mutakhir, seperti penggunaan Artificial Intelligence (AI), untuk memberikan pengalaman berbelanja terbaik untuk para pelanggan. Inovasi ini pun nampaknya diterima baik oleh para pelanggan di Lazada.
Penerimaan inovasi ini ditunjukkan oleh antusiasme masyarakat Asia Tenggara terhadap teknologi AI Lazzie dalam fitur AI chatbot Pesan+ di aplikasi Lazada pada promo belanja online Lazada 12.12 belum lama ini.
AI Lazzie berhasil meningkatkan pengunjung unik (unique visitors) ke dalam aplikasi sebanyak 76% lewat ‘LazzieChatHunt’ dimana AI Lazzie membagikan LazRewards bagi pelanggan yang memasukan kode khusus lewat Pesan+.
Permainan interaktif ini juga menghasilkan sebesar 6 juta engagement, naik dua kali lipat dibandingkan saat pesta diskon Lazada 11.11. Lazada juga mencatat peningkatan sebesar 46% dalam interaksi proaktif dengan AI Lazzie selama gelaran 12.12, dengan lebih dari 15% berinteraksi secara proaktif untuk menemukan penawaran terbaik dan menerima rekomendasi produk yang dipersonalisasi.