Di balik nama-nama brand lokal Indonesia yang sudah kita kenal dan konsumsi sehari-hari, ada cerita menarik berupa akronim yang sarat makna. Mulai dari doa ibu sampai semangat bangkit dari krisis.
Untuk mengetahui lebih lanjut, inilah delapan merek Indonesia dengan nama yang ternyata singkatan. Gak sekadar menjual, namun juga unik, menghibur, sekaligus menginspirasi lho!
1. Krisbow – Nama Anak Pendiri yang Melegenda di Dunia Perkakas
Krisbow merupakan singkatan dari Krisnandi Wibowo, putra dari pendiri Kawan Lama Group, Kuncoro Wibowo. Nama ini dipilih sebagai simbol modernisasi produk perkakas dengan standar internasional.
Baca Juga: 15 Sosok Perempuan Inspiratif di Balik Brand Modest Fashion Lokal
Didirikan pada 1998, Krisbow hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk teknik, peralatan rumah, dan industri yang andal. Kini, Krisbow dikenal luas dengan lebih dari 10.000 produk berkualitas.
2. Buccheri – Kesan Eropa, Asal Indonesia
Buccheri memang terdengar seperti merek sepatu Italia, tapi nyatanya brand ini murni buatan Indonesia. Nama ini adalah akronim dari tiga pendiri awalnya: Budi, Erdiansyah, dan Hery, yang membangun bisnis dengan mimpi menghadirkan sepatu elegan dengan harga terjangkau.
Didirikan pada 1980-an, Buccheri awalnya hanya beroperasi lewat satu toko kecil di Jakarta. Kini, mereka punya puluhan outlet di seluruh Indonesia, identik dengan sepatu kulit premium dan gaya formal.
Baca Juga: 5 Merek Makanan yang Sering Disangka Milik Brand Asing, Padahal Asli Lokal Punya!
3. Maspion – Nasionalisme dalam Satu Kata
"Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional" adalah filosofi kuat yang diusung Maspion, raksasa industri rumah tangga Indonesia yang berdiri sejak 1962.
Didirikan oleh Alim Markus di Surabaya, Maspion awalnya hanya memproduksi barang logam sederhana. Kini, mereka punya lebih dari 4.000 produk yang menembus pasar ekspor, dari peralatan dapur hingga elektronik.
4. Ortuseight – Filosofi Kolaborasi 8 Pendiri
Nama Ortuseight berasal dari kata ORTUS (yang dalam bahasa Latin berarti awal atau kelahiran) dan eight yang mewakili delapan pendirinya. Akronim ORTUS sendiri mencerminkan nilai: Optimism, Resilience, Trust, Upbeat, Social.
Didirikan pada 2018, brand ini lahir dari semangat para pecinta sepak bola dan futsal yang ingin menciptakan produk berkualitas dengan harga terjangkau, khusus untuk pasar lokal. Kini, Ortuseight telah dipakai banyak atlet profesional Tanah Air.
Baca Juga: Berkenalan dengan Senaz Nasansia, Perempuan Hebat di Balik Kesuksesan Brand Modest Fashion Si.Se.Sa