Elon Musk, pria kontroversial di balik Tesla, SpaceX, Starlink dan sekarang X (Twitter), hampir setiap hari menjadi berita utama karena keputusan bisnisnya dan teknik manajemen yang ia gunakan.

Para pendukung Musk mengklaim bahwa dia adalah individu yang sangat efektif dan produktif. Namun, para pengkritiknya berpendapat bahwa ia memberikan tingkat pekerjaan yang tidak masuk akal dari para karyawannya.

Apa pun pilihannya, menarik untuk melihat teknik manajemen dan aturan dari seorang Elon Musk yang bisa kamu adopsi, Growthmates. Yuk, simak!

1. Hindari pertemuan besar

Menurut Elon Musk, rapat atau pertemuan besar tidak ada gunanya karena membuang-buang waktu dan tenaga yang berharga. Mereka tidak memberikan ruang untuk perdebatan dan bahkan membuat mereka putus asa.

Jika hanya beberapa orang yang menghadiri rapat tetapi tidak mendapatkan hasil apa pun, kamu akan kehilangan produktivitas berjam-jam atau berhari-hari.

2. Tidak ada pertemuan yang lama atau sering

Terkait dengan larangan pertemuan besar, Musk mengatakan, hindari pertemuan yang sering kecuali kamu sedang menghadapi masalah yang sangat mendesak. Frekuensi pertemuan akan berkurang dengan cepat setelah masalah mendesak diselesaikan.

Sekali lagi, lebih seringnya rapat berarti lebih banyak waktu untuk berbicara dan lebih sedikit waktu untuk mengurus tugas-tugas penting. Dengan mengurangi frekuensi pertemuan, peserta dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja.

Menurut Musk juga, meninggalkan rapat bukanlah tindakan yang kasar, tetapi membuang-buang waktu orang lain adalah tindakan yang tidak sopan.

Baca Juga: Layanan Internet Starlink Milik Elon Musk Bakal Masuk ke Indonesia, Kalian Tertarik untuk Pakai Gak?

3. Berkomunikasi secara langsung

Menurut Musk, rantai komando harus dihilangkan. Sebaiknya berkomunikasi dengan rekan kerja secara langsung dan tidak melalui manajer atau supervisor. Komunikasi yang cepat berarti pengambilan keputusan yang cepat dan itu setara dengan keunggulan kompetitif.

4. Bersikaplah jelas dan tidak sok pintar

Jargon dan akronim teknis ini mungkin terdengar tidak masuk akal. Mereka hanya memperlambat komunikasi. Kamu harus memilih kata-kata yang to the point, ringkas dan mudah dipahami semua orang. Terdengar cerdas sama sekali bukanlah langkah yang cerdas. Menurut Musk, yang cerdas adalah kamu harus efisien.

5. Arti sebenarnya dari sebuah pertemuan

Dalam pertemuan nyata, intinya adalah menyelesaikan segala sesuatunya dengan jelas. Pertemuan harus digunakan untuk berkolaborasi, memecahkan masalah-masalah mendesak yang ada, dan mengatasi masalah yang sudah ada, bukannya bertele-tele.

Alih-alih rapat, kamu juga dapat mengirim email berisi semua poin yang disebutkan, dan teks, dan kamu harus ingat bahwa alur kerja timmu tidak terganggu. Intinya, jika ada cara yang lebih logis untuk melakukan sesuatu, pilihlah cara tersebut untuk meningkatkan efisiensi.

6. Gunakan akal sehat

Musk juga menyampaikan bahwa kita harus menggunakan akal sehat dan tidak hanya mengikuti aturan.Mengikuti prinsip adalah hal yang penting. Jika peraturan perusahaan tidak masuk akal bagimu, tidak ada kontribusinya terhadap kemajuan kamu, maka tidak ada gunanya.

Gimana pendapatmu, Growthmates?

Baca Juga: 4 Nasihat Terbaik dari Bill Gates Buat Anak Muda yang Ingin Sukses