Growthmates, setiap orang yang memasuki dunia kerja dituntut untuk menjadi profesional. Kita harus bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan. Namun, ada saja kendala untuk menyelesaikan pekerjaan, terlebih lagi harus tepat waktu.
Nah, manajemen waktu adalah kunci utama kesuksesan dan produktivitas dalam setiap aspek kehidupanmu, Growthmates, mulai dari pribadi hingga profesional, besar hingga kecil. Namun, tidak selalu mudah untuk mengatur waktu secara efisien.
Dan berikut 6 strategi untuk membantumu meningkatkan keterampilan manajemen waktu, yuk simak!
1. Terapkan aturan dua menit
Aturan dua menit adalah metode sederhana untuk manajemen waktu yang efektif. Aturan ini menyarankan bahwa jika suatu tugas dapat diselesaikan dalam dua menit atau kurang, maka kamu harus melakukannya segera daripada menundanya.
Strategi ini membantu mencegah tugas-tugas kecil menumpuk, pada akhirnya menghemat waktu untuk tugas-tugas penting dan mencegah tugas-tugas kecil atau tidak penting menjadi gangguan di kemudian hari. Misalnya, jika ada email yang memerlukan respons cepat, segera tangani, jangan ditunda.
2. Teknik Pomodoro
Teknik Pomodoro yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo adalah metode manajemen waktu bermanfaat yang membagi pekerjaan menjadi beberapa interval, biasanya berdurasi 25 menit, dipisahkan dengan istirahat singkat.
Untuk menerapkannya, setel pengatur waktu selama 25 menit dan konsentrasi penuh pada tugas tertentu, tanpa gangguan apa pun. Setelah menyelesaikan satu interval, yang disebut "Pomodoro", istirahatlah selama 5 menit untuk memulihkan tenaga.
Setelah empat Pomodoro, istirahat lebih lama selama 15-30 menit. Teknik ini meningkatkan fokus dan produktivitas dengan memasukkan istirahat teratur, meningkatkan manajemen waktu yang efektif dan konsentrasi berkelanjutan pada tugas.
Baca Juga: 5 Tips Menegosiasikan Kenaikan Gaji dengan Atasan di Tempat Kerja, Mau Coba?
3. Aplikasi pelacak waktu
Ada beberapa aplikasi pelacakan waktu yang mudah digunakan seperti “RescueTime”, dan “Clockify” yang bisa membantu memantau bagaimana kamu menghabiskan waktu sepanjang hari.
Aplikasi ini memberikan wawasan tentang ke mana perginya waktu yang kamu gunakan, mengidentifikasi aktivitas atau gangguan yang membuang-buang waktu, dan membantu menggunakan waktu dengan lebih efektif untuk tugas-tugas yang paling penting.
4. Delegasikan tugas
Sebagai seorang individu, kapasitas kamu terbatas, tidak peduli seberapa keras kamu berusaha. Kamu tidak dapat melakukan semuanya karena memiliki keterbatasan waktu, pengalaman, pengetahuan, kemampuan, dan tenaga.
Untuk memanfaatkan waktu dan energi dengan lebih baik, sebaiknya delegasikan tugas kepada orang lain bila memungkinkan. Pastikan kamu mendelegasikan tugas kepada individu yang cakap. Pendekatan ini adalah cara terbaik untuk meluangkan waktu untuk tugas dan tanggung jawab yang lebih penting, sehingga meningkatkan produktivitas.
5. Belajarlah untuk mengatakan tidak
Memahami batasan dan memprioritaskan tugas yang paling sesuai dengan tujuanmu sangatlah penting, Growthmates. Menolak tugas-tugas yang tidak penting, ekstra, atau kurang penting bisa sangat bermanfaat dalam mencegah kelelahan.
Pendekatan ini membantu meluangkan waktu yang berharga dan menghemat energi untuk mengerjakan tugas-tugas yang benar-benar bernilai dan penting bagi kamu secara efisien.
6. Matriks Eisenhower
Matriks Eisenhower adalah metode yang sangat efektif untuk mengatur tugas berdasarkan urgensi dan kepentingannya. Matriks ini membagi tugas menjadi empat kategori, yakni Tugas Mendesak dan Penting, Tugas Penting, tapi Tidak Mendesak, Tugas Mendesak, tapi Tidak Penting, dan “Tugas yang Tidak Mendesak dan Tidak Penting.
Dengan menggunakan matriks ini, individu dapat membuat prioritas secara efektif, fokus pada tugas-tugas bernilai tinggi, dan meningkatkan produktivitas dengan menggunakan waktu dan sumber daya secara lebih efisien.
Semoga informasinya bermanfaat, ya!
Baca Juga: Ini Dia Jenis Pekerjaan dan Skill Paling Dibutuhkan untuk Fresh Graduates di Indonesia