Growthmates, berada di tempat yang tidak merasa dihargai atau lingkungan kerja yang tidak sesuai dapat berdampak buruk pada mental dan fisik, bahkan dapat mempengaruhi karya yang kamu hasilkan.
Di tempat kerja, menjadi kuat dan cerdas secara emosional adalah keterampilan yang berharga. Ini bisa membantumu menghadapi tantangan, membangun hubungan yang lebih sehat, dan menjaga kesejahteraan mentalmu secara keseluruhan.
Kecerdasan emosional adalah kunci kesuksesan yang jauh lebih penting dibanding kecerdasan intelektual. Kecerdasan emosional ini dapat membantu seorang individu untuk dapat memiliki hubungan yang baik dengan sesamanya.
Nah, jika kamu adalah seseorang yang terkadang cenderung lemah secara emosional, berikut 6 tips yang bisa membantumu mengembangkan kecerdasan emosional di tempat kerja, yang pada akhirnya memungkinkan kamu untuk berkembang dalam karier dan kehidupan pribadi. Yuk, simak!
1. Kenali diri sendiri
Landasan kecerdasan emosional adalah kesadaran diri. Luangkan waktu untuk memahami pemicu, reaksi, dan pola emosional kamu, Growthmates. Dengan mengenali bagaimana situasi tertentu memengaruhimu, kamu dapat merespons dengan lebih bijaksana dan menghindari keputusan impulsif.
Kesadaran diri ini juga membantu kamu untuk lebih memahami kekuatanmu dan hal yang perlu kamu tingkatkan.
2. Kembangkan ketahanan diri
Ketahanan adalah kemampuan untuk bangkit kembali dari kemunduran. Di tempat kerja, kamu akan menghadapi tantangan dan kegagalan setiap hari.
Mengembangkan ketahanan diri dapat membantu kamu tetap tenang dan fokus selama masa-masa sulit. Daripada terus terpaku pada aspek negatifnya, fokuslah untuk menemukan solusi dan belajar dari pengalaman, lalu lanjutkan hidup.
Baca Juga: 3 Langkah Efektif Menetapkan Batasan di Tempat Kerja, Catat Ya!