5. Berhati-hati Saat Melakukan Pembayaran Digital

Saat ingin melakukan pembayaran di eCommerce, terkadang ada oknum nakal yang ingin kamu melakukan proses pembayaran langsung pada rekening pribadinya atau yang berbeda dengan yang diberikan oleh eCommerce dengan berbagai alasan, seperti ada kendala sistem hingga agar proses transaksinya dapat berjalan lebih cepat. 

Pastikan kamu hanya melakukan pembayaran pada rekening atau nomor virtual account yang disediakan oleh eCommerce seperti Lazada, agar proses transaksimu jadi lebih aman dan nyaman.

Untuk itu, penting juga untuk selalu memilih platform eCommerce yang terpercaya seperti Lazada, serta menggunakan aplikasi pembayaran yang resmi dan terpercaya untuk melakukan transaksi. Ini akan membantu memastikan bahwa transaksi kamu terlindungi dari penipuan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pratama mengatakan, untuk bertransaksi digital dengan aman di Lazada, selalu pastikan hanya membeli dari penjual resmi atau berlabel "LazMall", periksa ulasan produk dan reputasi toko, serta hindari komunikasi di luar platform untuk menghindari penipuan.

"Jangan pernah membagikan OTP, password, atau informasi kartu kredit kepada siapa pun, termasuk yang mengaku sebagai customer service. Selalu gunakan metode pembayaran yang aman seperti transfer bank dengan virtual account, e-wallet, atau yang terbaru, dengan QRIS untuk memastikan dana Anda terlindungi. Dengan tetap waspada dan mengikuti langkah-langkah keamanan, Anda dapat menikmati belanja online di Lazada dengan nyaman dan tanpa risiko," pungkas Pratama.

Vice President, Customer Care Lazada Indonesia, Intan Eugenia juga turut menyampaikan komitmen dan prioritas dari Lazada Indonesia dalam menjaga keamanan platform agar pelanggan dan penjual dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman. 

Baca Juga: Mau Jualan Online? Ini 5 Kategori Produk Terlaris dan Prediksi Tren Belanja 2025 yang Wajib Diketahui

“Kami terus berinvestasi dalam teknologi keamanan terbaru dan menerapkan praktik terbaik untuk melindungi data pribadi serta transaksi pengguna. Meski demikian, kami juga mengimbau setiap pelanggan Lazada untuk terus menjadi pelanggan cerdas, senantiasa berhati-hati dalam bertransaksi, dan pastikan transaksi hanya dilakukan di dalam aplikasi Lazada. Hubungi kanal Customer Care melalui aplikasi Lazada apabila memang ada permasalahan dan membutuhkan bantuan penyelesaian segera,” tutur Intan.

Dengan mengikuti tips-tips sederhana namun efektif ini, kamu dapat meningkatkan keamanan data pribadimu saat berbelanja online di bulan Ramadan, khususnya dalam Lazada Ramadan Daily Sale yang berlangsung mulai 25 Februari hingga 3 April 2025 mendatang. Ingatlah bahwa keamanan siber adalah tanggung jawab bersama, dan setiap langkah kecil yang kita ambil dapat membuat perbedaan besar dalam melindungi diri kita dari ancaman siber. 

“Dengan kewaspadaan bersama, kami berharap dapat memberikan pengalaman belanja online yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga aman bagi semua pihak,” tutup Intan.