Momentum  Tahun Baru 2025 turut mendorong lonjakan aktivitas belanja online di Indonesia. Prospeknya juga sangat menjanjikan, dengan laporan Statista pada 2024 yang menunjukkan proyeksi pertumbuhan volume pasar atau nilai transaksi eCommerce yang dapat mencapai US$79,30 miliar atau sekitar Rp1,2 triliun pada 2029. Jumlah pengguna eCommerce juga diproyeksi dapat mencapai 99,1 juta pengguna. Peluang ini sangat besar bagi pelaku bisnis di Indonesia untuk mengembangkan strategi dan memanfaatkan potensi pasar yang ada.

Melihat potensi pasar yang terus berkembang pesat, Lazada Indonesia (Lazada) membagikan informasi mengenai produk-produk yang menarik perhatian pelanggan di tahun 2024 untuk memprediksi tren belanja online di tahun 2025. Informasi ini bisa menjadi wawasan menarik bagi pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan tren mendatang, memperluas kategori produk, dan meraih kesuksesan di pasar eCommerce Indonesia yang terus berkembang.

Berikut adalah rekap kategori produk terlaris di Lazada tahun 2024 dan prediksi tren untuk tahun 2025, cocok untuk kamu yang mau mulai berjualan online. Seperti dalam rilis yang diterima Olenka, Kamis (23/1/2025) ini lima di antaranya.

Baca Juga: Perbarui AI Lazzie, Lazada Hadirkan Solusi Belanja Online Lebih Cerdas dan Cepat

1. Groceries & Household Supplies

Semakin banyak konsumen membeli kebutuhan sehari-hari, baik untuk kebersihan rumah maupun bahan pokok, secara online. Di Lazada, kategori groceries menjadi salah satu kategori teratas yang paling diminati dan terus berkembang sepanjang tahun. 

Penjualan tissue bahkan meningkat signifikan hingga puluhan kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, menjadikannya sebagai produk terlaris untuk kategori ini di 2024, diikuti dengan beras, dan mi instan. Sementara, di Harbolnas Lazada 12.12 yang lalu, perlengkapan mencuci seperti detergen, pelembut dan pengharum menjadi produk di luar bahan pokok yang paling banyak dibeli, diikuti dengan ragam kopi, susu, biskuit, dan snack. 

Tahun ini, diperkirakan permintaan produk kebersihan berbahan organik akan terus meningkat. Ada juga peluang besar untuk makanan ringan (snack), frozen food, dan juga kebutuhan hewan peliharaan.