Growthmates, di zaman yang serba cepat ini, kemampuan untuk mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan atau multitasking sudah menjadi kebutuhan. Banyak dari kita yang merasa perlu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan kantor, mengurus rumah, dan bahkan tetap menjaga kesehatan tubuh dalam satu waktu.
jika dilakukan dengan benar, multitasking memiliki banyak keuntungan karena memungkinkan kamu menjadi produktif, memiliki kehidupan sosial, dan memanjakan diri.Namun, manajemen waktu bukanlah hal yang mudah bagi semua orang, dan mengerjakan banyak tugas dapat dengan mudah menjadi bumerang jika dilakukan secara serampangan.
Dengan perencanaan yang tepat dan mengalokasikan waktu untuk kehidupan pribadi, profesional, dan keluarga, seseorang dapat mengerjakan banyak tugas tanpa merasa lelah. Hal ini tidak hanya akan memastikan kamu unggul dalam kehidupan profesional, tetapi juga merasa puas dalam kehidupan pribadi.
Nah, agar kamu bisa terus menguasai multitasking, namun tak membuat dirimu kelelahan, yuk simak beberapa tips berikut ini, sebagaimanaOlenka kutip dari Times of India, Jumat (11/10/2024). Yuk, simak!
1. Bangun lebih pagi
Bangun sedikit lebih awal dan membuat rencana kasar untuk hari itu dapat meningkatkan produktivitasmu berkali-kali lipat. Hal ini termasuk menunda tugas yang prioritasnya rendah dan mengutamakan tugas yang perlu segera diselesaikan. Hal ini akan memastikan beban kerjamu dapat dikelola saat kamu beralih dari satu tugas ke tugas lainnya dengan lancar.
2. Beristirahatlah
Sangat penting untuk beristirahat di sela-sela sesi kerja atau belajar. Istirahat memungkinkan kamu memberi waktu bagi diri sendiri dan meringankan beban kerja.
Jika kamu beristirahat dan menyelesaikan pekerjaan, kamu tidak akan merasa terbebani, dan kamu dapat dengan mudah menyelesaikan tugas dalam waktu yang ditentukan. Hal ini membantu meningkatkan produktivitas, mencegah kelelahan, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan konsentrasi.
Baca Juga: 4 Langkah Efektif Ciptakan Lingkungan Kerja Sejahtera, Bantu Atasi Stress yang Dialami Karyawan
3. Singkirkan gangguan
Jika kamu adalah seorang yang multitasking, kamu harus menyingkirkan gangguan yang dapat memengaruhi fokus dan memberi tahu rekan kerja agar tidak mengganggu saat kamu bekerja. Selain itu, kamu dapat menyetel ponsel ke mode 'Jangan Ganggu' sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan memenuhi tenggat waktu.
4. Tetapkan tujuan yang realistis
Kita semua memiliki kebiasaan menetapkan tujuan yang tidak realistis dalam daftar tugas dan memasukkan tugas yang tidak perlu, sehingga mengisi daftar tugas secara tidak perlu.
Setelah kamu menetapkan tujuan yang realistis, pikiran kamu akan tertuju pada tugas-tugas tersebut, dan kamu tidak akan stres memikirkan tugas-tugas tambahan. Ini membantu mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, dan membantu kamu tetap produktif.
5. Manjakan diri
Setelah menyelesaikan semua tugas dalam daftar, kamu harus selalu memanjakan diri sendiri. Bisa berupa makanan kesukaan atau film favorit. Ini akan memotivasi kamu untuk bekerja lebih baik di hari berikutnya, dan kamu tidak akan kelelahan dalam prosesnya.
Semoga informasinya bermanfaat ya!
Baca Juga: 5 Tips Sederhana Menurunkan Tingkat Stres saat Bekerja, Mau Coba?