Banyak pelaku usaha yang mencoba peruntungan di bisnis kopi. Mengingat, kopi menjadi salah satu olahan minuman yang juga disukai oleh masyarakat Tanah Air. Terutama di kalangan anak muda. Nongkrong di kedai kopi pun kini seakan menjadi tren, dan bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Bukan sekadar kongkow bersama kawan, kedai kopi juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk belajar hingga bekerja.

Ngomong-ngomong soal kopi, Growthmates pastinya sudah cukup familiar dengan beberapa brand kopi yang juga menjadi favoritnya masyarakat. Kesuksesan para founder dalam merintis bisnis membuat brand kopi mereka tak hanya dikenal oleh masyarakat tanah Air, ada juga yang sudah berekspansi ke pasar Internasional. 

Memiliki ratusan cabang di Tanah Air hingga menembus pasar luar negeri, tentunya omzet yang mereka dapatkan pun sepadan. Penasaran siapa saja pengusaha kopi tersukses di Indonesia? Berikut Olenka rangkum dari sejumlah sumber, Senin (19/8/2024).

1. Andanu Prasetyo - Kopi Tuku

Siapa yang tak mengenal brand  Kopi Tuku? Akan dengan sangat mudah menemukan kedai yang satu ini, terlebih bagi pecintanya di Jabodetabek. Kopi Tuku menjadi salah satu brand kopi yang cukup fenomenal. Bagaimana tidak, masyarakat Tanah Air mulai mengenal brand kopi ini setelah ‘di-endorse’ Presiden Jokowi saat mengunjungi gerai Kopi Tuku di kawasan Cipete Raya, Jakarta, di sela-sela kunjungan dinasnya.

Andanu Prasetyo adalah sosok di balik kesuksesan Kopi Tuku. Bermula dari ketidaksengajaan, Andanu sukses merintis Kopi Tuku dengan menghadirkan varian Kopi Susu Tetangga yang menjadi menu favorit banyak pengunjung dan berhasil terjual hingga ribuan gelas di setiap gerai-nya.

Baca Juga: Founder Kopi Tuku Andanu Prasetyo Bagikan Kiat Sukses Bisnis, Intip Yuk!

Kopi Tuku menjadi salah satu brad kopi yang sukses tanpa kemitraan alias tanpa waralaba. Andanu memilih mengembangkan bisnis Kopi Tuku secara terpusat agar bisa dikontrol langsung secara prinsipal. 

Andanu berharap dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan keuntungan bisnisnya, dengan memiliki banyak gerai di berbagai kota. Menjadi pelopor bisnis kopi lokal di Indonesia, Kopi Tuku kini telah memiliki 50 toko, 10 cloud kitchen, dan 3 toko Serba Tuku (Toserbaku). 

Bukan hanya itu, Andanu kini juga sudah mempekerjakan 646 barista. Tercatat, penjualan Kopi Tuku mencapai lebih dari 50.000 cup kopi setiap harinya. Peningkatan pendapatannya pun signifikan hingga 77%.

Kopi Tuku juga menjajaki peluang untuk berekspansi hingga pasar Internasional. Beberapa waktu lalu, Tuku sempat menjajal store sementaranya di Negeri Ginseng dengan membuka Pop Up Store di Seoul, Korea Selatan. Tuku juga turut berpartisipasi dalam Amsterdam Coffee Festival beberapa waktu lalu.