Seiring dengan evolusi teknologi, Kantar bersama dengan platform belanja digital Lazada telah menemukan tiga dimensi penting (3D) dalam AI yang dapat meningkatkan pengalaman belanja online. Ketiga dimensi ini adalah Discovery, Deals, dan Decision Making yang berfokus pada bagaimana AI dapat meningkatkan interaksi konsumen dengan platform belanja online, memberikan rekomendasi yang lebih personal, mempercepat pengiriman, serta menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih efisien dan menyenangkan. Berikut ini penjelasannya:

1. Discovery

Jika dalam google biasa menggunakan chatgpt, kini di e-commerce memiliki hal yang sama demikian. Ketika masuk ke e-commerce, mulai dari platform website atau apps pasti kita ingin mencari-cari barangnya dulu. Dapat dipastikan user akan bingung ingin membeli apa, dan tentu mereka akan mencarinya dalam hal kategori. Maka dari itu, customer berharap adanya penggunaan AI, dapat memangkas waktu dan lebih cepat dalam mencari barang. Dan itulah, mengapa discovery sangatlah penting ada pada penggunaan AI khususnya di e-commerce.

Karena discovery session, untuk menemukan barang itu cukup singkat, ketika hal tersebut lebih dipersingkat, maka pengalaman untuk browsing atau pengalaman untuk menggunakan e-commerce platform itu lebih menarik untuk mereka. Jika dilihat dalam sisi untuk memonitor barang belanjaan yang telah dibeli, customer juga dapat menggunakan AI untuk membantunya.

Dalam hal ini, AI diharapkan akan membantu mereka untuk mencarikan prodak yang memang sangat relevan dan tidak perlu repot-repot untuk mencari prodak yang lain karena sudah ditemukan oleh personlise recomendation. 

Seperti halnya tentang AI simple to browsing, sama seperti visual product search, AI ini akan lebih banyak digunakan agar mudah mencari, dan irit waktu. Dan diakhir, customerpun akan lebih suka untuk masuk ke platform belanja yang ada.

Baca Juga: Undang 1.000 Penjual, Lazada Seller Conference 2024 Dorong Penjual Online Unggulan dan Siap Bersaing

2. Deals

Selanjutnya adalah deals. Jadi Indonesia consumer itu pada umumnya memang suka akan hal keterjangkauan yang tak terbatas maupun keterjangkauan harga. Tapi tentunya, baik hal berupa  diskon, jika dilihat lebih lanjut pada promotionnya, mereka lebih ingin ke platform yang ada rewarding, seperti membeli berulang kali, dan itu sangat penting untuk diloyality-kan. Kalau lihat di sini, Indonesia sendiri, price recomendation sangat penting terjadi dimana-mana, karena mereka itu teknisinya adalah membandingkan harga yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu, setidaknya, mereka bisa punya range harga, dan itulah mengapa dalam hal comparation itu sangat tinggi. 

Dan selanjutnya, terutama orang-orang yang suka dengan seeking bills, ketika ada promo, big sale seperti 11.11, 10.10. Jika terdapat moment price recomendation ini, mereka sangat excited untuk masuk ke dalam platform. Dan itulah mengapa, kemudahan dalam comparing price pada penggunaan AI, menjadi sangat lebih proaktif, dan bahkan jika ingin menemukan diskon seperti apa, pada platform tersebut, kesulitan itulah yang menjadikan AI sangat penting untuk membuat mereka lebih mudah mencari hal yang dibutuhkan.