3. Kirim email yang jelas dan langsung

Menurut survei terhadap 2.000 pekerja kantoran AS dari Babbel, 60% karyawan mengatakan banyaknya email yang mereka terima di tempat kerja menambah stres harian mereka. 

Meskipun kamu mungkin tidak bisa sepenuhnya menghindari penggunaan Outlook, kamu dapat berlatih menulis email yang tidak membebani rekan kerja. 

Untuk membuat email lebih efektif dan tidak mengganggu, pastikan pesanmu memiliki tujuan yang jelas, relevan dengan situasi yang terjadi, memberikan opsi kepada penerima untuk melangkah maju, serta menjelaskan langkah yang perlu diambil selanjutnya

4. Bicaralah dengan nada sopan

Sekalipun panggilan telepon bersifat profesional dan dapat dilakukan di meja kerjamu, pastikan nada bicara tetap sopan dan volume suara terjaga agar tidak mengganggu rekan kerja yang sedang fokus menyelesaikan tugas mereka.

5. Jangan tinggalkan piring kotor di meja kerja

Ruang kerja yang tidak terawat menjadi masalah besar bagi pekerja pasca Covid-19, kata Christina Gialleli, direktur operasi sumber daya manusia di perusahaan pembelajaran perangkat lunak Epignosis.

“Meskipun kamu mungkin tidak mengalami masalah dengan piring makan siang yang kotor di dekat meja kerjamu di rumah, mengharapkan rekan kerja merasa hal yang sama adalah tindakan yang kurang sopan,” kata Gialleli.

6. Tanggapi email dalam waktu 24 jam atau kurang

Dalam sebuah survei yang dilakukan Babbel, 36% pekerja Gen Z terbiasa membiarkan email menumpuk. Dalam survei tersebut terungkap, mereka memiliki lebih dari 1.000 email yang belum dibaca di kotak masuk.

Merespons dengan cepat dapat membuat proyek berjalan lebih lancar dan menunjukkan bahwa kamu adalah anggota tim yang dapat dihubungi, kata Brandon Smith, seorang terapis dan pelatih karir yang dikenal dengan julukan The Workplace Therapist. Ia menyarankan untuk selalu merespons dalam waktu 24 jam setelahnya dihubungi.

Baca Juga: Kisah Kesejahteraan Karyawan di ASICS Indonesia

Menurut Smith, salah satu cara tercepat untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas di tempat kerja adalah dengan menunjukkan sikap responsif.